Menkes Undang Enam Bupati Realisasi Imunisasi MR Tertinggi

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Menteri Kesehatan (Menkes) mengundang enam bupati yang berhasil merealisasikan imunisasi Measles/campak dan Rubella/campak Jerman (MR), melampaui rata- rata nasional untuk menerima piagam penghargaan di Sorong, Papua Barat.

Kepala Dinas Kesehatan NTT, Domi Minggu Mere sampaikan ini kepada wartawan di Kupang, Kamis (11/10/2018).

Domi menyebutkan, enam kabupaten yang diundang tersebut, yakni Timor Tengah Utara (TTU), Timor Tengah Selatan (TTS), Alor, Sikka, Sumba Barat, dan Sumba Tengah.

Keenam bupati ini diundang karena realisasi imunisasi MR sudah melampaui target nasional yakni di atas 95 persen. Piagam penghargaan yang diberikan disatukan dengan pelaksanaan program penanganan kaki gajah di Papua Barat. Rencananya penyerahan piagam ini berlangsung pada 15 Oktober.

“Memang sudah delapan kabupaten yang meraih persentase di atas 95 persen, tapi Kabupaten Sumba Timur dan Belu tidak diundang karena data yang diambil untuk kepentingan pemberian penghargaan ini pada 7 Oktober,” kata Domi.

Dia menjelaskan, secara nasional NTT menempati ututan ketiga realisasi pelaksanaan imunisasi MR dengan capaian 92,2 persen. Posisi pertama dan kedua masing- masing ditempati Provinsi Papua Barat dan Bali. Jika merujuk pada target nasional, maka NTT kekurangan sekitar tiga persen.

“Walau target nasional sebesar 95 persen, tapi kita tetap berupaya agar bisa mencapai 100 persen,” tandas Domi.