Koramil Haekesak Upacara HUT TNI ke-73 Bersama Warga Perbatasan

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Peringati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-73 tahun 2018, Koramil 1605-08/Haekesak bersama Pos-Pos Satgaspur Yonif 743/PSY melaksanakan upacara di Kecamatan Lasiloat, Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan RI-Timor Leste.

Danramil Haekesak, Kapten Inf Jemri Evertson Mamengko bertindak selaku Inspektur Upacara HUT TNI yang mengusung tema “Profesionalisme TNI Untuk Rakyat” diikuti kurang lebih 1.000 peserta yang berlangsung di lapangan Raman Desa Fatulotu, Jumat (5/10/2018).

Hadir dalam upacara peringatan HUT TNI itu, Camat Lasiolat, Kapolsek Lasiolat, Danki Pos Satgas Pur 1 Mota’ain, para Kepala Sekolah, Kepala Desa se-Kecamatan Lasiolat, tokoh adat, pemuda/pemudi serta warga setempat.

Adapun komposisi pasukan upacara peringatan HUT TNI antara lain, 1 Sst Anggota Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 743/Psy, 3 Sst Masyarakat, 2 Ssk SMA, 2 Ssk SMP, 3 Ssk SD, Paud dan TK di wilayah Kecamatan Lasiolat.

Danramil Mamengko dalam amanatnya menyampaikan, TNI bersama-sama dengan berbagai komponen bangsa lainnya telah bekerja bahu-membahu sekuat tenaga meringankan beban yang diderita saudara-saudara kita di Palu Donggala.

“Apa yang dilaksanakan di lokasi bencana baik pengerahan personil maupun alutsista adalah sebagian dari bentuk profesionalisme TNI,” ujar dia.

Dikatakan, tema profesionalisme TNI mengandung makna, bahwa TNI yang senantiasa tingkatkan profesionalisme melalui berbagai pendidikan latihan persenjataan alutsista serta dipenuhi kesejahteraannya oleh Negara.

“Netralitas TNI baik sebagai individu maupun satuan dalam pelaksanaan Pemilu,” tandas dia.

Selesai upacara dimeriahkan dengan kegiatan hiburan TNI bersama rakyat yakni melakukan tebe NKRI dan tarian gemu famire yang diikuti oleh seluruh peserta upacara.

Kesempatan itu juga diserahkan hadiah lomba dengan pembagian piala pertandingan yang dilaksankan oleh Koramil 1605-08/Haekesk sebelumnya dalam rangka menyambut HUT TNI ke-73.