Mendagri Tinjau Galeri Tenun Ikat Binaan Bank Indonesia di Perbatasan Belu-Tiles

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tjahjo Kumolo meninjau galeri tenun ikat binaan Bank Indonesia yang terletak di Haliwen, Kelurahan Manumuitin, Kecamatan Kota, Kabupaten Belu.

Pantauan NTTOnlinenow.com, Selasa (18/9/2018) turut mendampingi kunjungan Mendagri Kumolo dalam rangka Peninjauan Program Sosial Bank Indonesia (PPS BI) pembangunan galeri Gubernur NTT Victor Laiskodat, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kupang Naek Tigor Sinaga, Danrem 161 Wira Sakti Kupang, Kapolda NTT, Lantamal VII, Bupati Belu, Anggota DPR RI serta pejabat Mendagri dan BNPP.

Mendagri bersama rombongan tiba di Bandara A.A Bere Tallo dan berjalan kaki menuju lokasi galeri diiringi drum band dan diterima oleh penari Likurai Asean Games dilanjutkan dengan pengalungan selendang oleh Wakil Bupati Belu J.T Ose Luan.

Selanjutnya Mendagri bersama para Pejabat meninjau langsung kelompok kerajinan tenun Timor binaan Bank Indonesia mulai dari tahapan awal pewarna alam, proses pembuatan benang hingga tenun.

Tidak saja itu, Mendagri juga meninjau hasil komoditi pertanian seperti bawang tuk-tuk, tomat dilanjutkan dengan melihat tais atau kain yang telah jadi hasil tenun. Kesempatan itu Mendagri membeli beberapa lembar kain timor hasil kerajinan kelompok.

Mendagri Kumolo usai tinjau kepada awak media mengatakan, ada 4 unsur minimal yang akan mendukung kemajuan suatu daerah yakni sektor pariwisata, kerajinan daerah yang dikerjakan oleh warga, makanan khas daerah, dan menumbuhkan potensi Sumber Daya Alam.

“Saya kira kemajuan daerah ditentukan 4 hal tersebut. Dan saya yakin pak Gubernur mempunyai banyak kreasi-kreasi yang nanti akan dikembangkan disini”, ujar Politisi PDIP itu.

Lanjut Kumolo, kunjungan dirinya ke Daerah Perbatasan negara di provinsi NTT juga terkait dengan perayaan Hari Ulang Tahun ke 8 Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) yang akan dilaksanakan upacara pada Rabu (19/09/2019) besok.

Selain itu kedatangannya sendiri akan meninjau wilayah perbatasan kebetulan ada tiga perbatasan yang sedang dibangun Pemerintahan Jokowi yang sudah selesai yakni perbatasan Mota’ain di Kabupaten Belu, Motamasin di Kabupaten Malaka, dan Wini di Kabupaten TTU.

Bersamaan Gubernur NTT Viktor B. Laiskodat menyatakan bahwa sebagai Gubernur, dirinya sangat senang mendapatkan kunjungan dari Menteri Dalam Negeri RI di wilayah perbatasan Belu NTT.

Kaitan dengan Ultah BNPP, Laiskodat yang baru dilantik Gubernur belum lama ini mengatakan bahwa NTT harus bangga karena berbatasan dengan dengan 2 negara besar yaitu Australia dan Timor Leste.

“Kebanggaan ini juga atas kemampuan Masyarakat NTT dalam mendesain Perbatasan Negara yang dimana bukan sebagai alat pemisah melainkan alat pemersatu untuk membangun ekonomi dan peradaban di NTT,” kata dia.