DPR Belu Minta Pemerintah Sediakan Lahan Layak Untuk Kantor BPN

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Pemerintah diminta menyediakan lahan yang layak atau strategis untuk pembangunan gedung Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan RI-Timor Leste.

Hal tersebut diungkapkan Ketua DPRD Belu, Januaria Awalde Berek kepada awak media, Jumat (15/9/2018) kemarin di Atambua.

Menurut Berek, kondisi perkantoran BPN Belu saat ini tidak strategis karena lokasi perkantorannya tidak layak dan susah dicari masyarakat meski berada di pusat Kota Atambua.

“Lokasi Kantor sekarang menurut kami tidak layak, kadang masyarakat sulit mencarinya. Karena itu kami minta Pemerintah sediakan lahan, ukurannya tidak banyak yang penting strategis,” pinta dia.

Politis Partai Gerindra itu mengatakan, kami sangat mendukung gedung Kantor Pertanahan berada di lokasi strategis. Mengapa harus kota dukung, pendapatan pajak setiap tahun meningkat bahkan tahun ini pajaknya melampaui.

“Kesadaran dari masyarakat yang punya sertifikat lancar membayar pajak. Kalau pertanahan gencar program sertifikat maka pajak akan meningkat,” ujar Berek.

Dari pendapatan pajak tersebut setidaknya Pemerintah mempunyai perhatian untuk menyediakan lahan yang strategis untuk membangun Kantor Pertanahan yang layak.

“Ini salah satu penghasilan yang besar, karena itu minta sediakan lahan yang layak dan stragteis sehingga masyarakat tidak sulit mencari tahu Kantornya,” kata dia.

Terpisah Kepala BPN Kabupaten Belu, Goncalo Antonio yang dihubungi media sebelumnya menyampaikan, masalah lahan untuk bangunan perkantoran baru telah diusul ke Pemda Belu.

Dikatakan, pengusulan meminta lahan baru hingga menghadap Pimpinan Daerah selain oleh dirinta langsung tapi juga oleh Pimpinan BPN Belu yang sebelumnya. Diharapkan Pemerintah bisa segera menyediakan lahan yang layak.