DPRD NTT Dukung Program Gubernur Viktor Laiskodat

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Kalangan DPRD NTT menyatakan mendukung visi- misi dan program kerja yang digagas Gubernur dan Wakil Gubernur NTT periode 2018- 2023, Viktor Bungtilu Laiskodat dan Josef Adrianus Nae Soi, termasuk apa yang disampaikan dalam pidato perdana gubernur dihadapan sidang paripurna istimewa dewan, Senin (10/9/2018).

Anggota Fraksi PDI Perjuangan, Kristofora Bantang dan Patris Lali Wolo mengatakan, pada prinsipnya mereka mendukung program yang diusung gubernur dan wakil gubernur periode 2018- 2023.

Misalkan, salah satu gebrakan yang akan dilaksanakan adalah model pembangunan infrastruktur jalan yang terfokus. Dimana ruas jalan yang akan dibangun lebih diprioritaskan menuju daerah potensial, baik dari aspek potensi ekonomi maupun pariwisata. Namun sangat diharapkan agar bisa terealisasi dalam kurun waktu lima tahun kepemimpinan gubernur dan wakil gubernur.

“Membangun infrastruktur jalan yang terfokus tapi harus tuntas dalam lima tahun, jangan sampai ada jalan provinsi yang tertinggal karena tidak ditangani,” kata Feni, demikian Kristofora Bantang biasa disapa.

Tentang kebijakan moratorium pengiriman tenaga kerja asal NTT ke luar negeri, Feni menyarankan agar perlu menghadirkan dan menghidupkan Balai Latihan Kerja (BLK). Sehingga dengan keahlian yang dimiliki selama proses pelatihan dan pendidikan di BLK, bisa mengembangkan usaha yang hendak dijalankan. Artinya, semangat kewirausahaan akan tumbuh dengan baik yang didukung dengan pola pendampingan yang bagus.

Sementara itu, lanjut wakil rakyat asal daerah pemilihan Manggarai Raya ini, untuk TKI asal NTT yang selama ini sudah ada di luar negeri, hendaknya ada kebijakan khusus. Perlu ada kebijakan keberpihakan yang memberi perlindungan terhadap mereka.

“Perlindungan dan pengawasan harus diambil, sehingga bisa menekan angka TKI yang meninggal atau mendapat perlakuan kasar dari majikan,” ujar Feni.

Wakil Ketua Komisi II DPRD NTT, Patris Lali Wolo menegaskan, pada prinsipnya mendukung semua program yang digagas atau dilaksanakan gubernur terlantik. Dirinya siap kawal semua program dan tekad gubernur sesuai tugas pokok dan fungsi sebagai anggota dewan. Sehingga kesejahteraan rakyat dan pengentasan kemiskinan sebagaimana dicita- citakan dapat terwujud.

Anggota DPRD NTT dari Fraksi Partai Demokrat, Gabriel Suku Kotan menyatakan, arah perdagangan yang digagas Gubernur Viktor Laiskodat sebagaimana disampaikan dalam pidato perdana merupakan ide briliant yang harus didukung.

Membuka arah perdagangan ke kawasan Selatan meliputi sejumlah negara seperti Timor Leste, Australia, Selandia Baru dan negara-negara Pasifik, akan menjadikan NTT lebih maju dari daerah lain. Apalagi didukung oleh Staf Khusus Presiden Jokowi, Goris Mere dan Kiki Syahnakri yang saat ini memberi perhatian khusus terhadap ras melanesia.

“Saya yakin, jika gagasan membuka perdagangan ke kawasan Selatan terealisasi, NTT akan berkembang lebih maju, bahkan melampaui daerah lain di Indonesia yang selama ini sudah maju,” tandas Suku Kotan.

Anggota Fraksi PKB, Jhon Rumat menyatakan, sebagai pegiat pariwisata, dirinya sangat mendukung program pariwisata yang digagas gubernur. Karena banyak manfaat yang diperoleh secara ekonomis, baik untuk daerah maupun masyarakat. Namun perlu ada pendampingan terhadap masyarakat agar usaha yang dikembangkan menjawabi kebutuhan wisatawan.