Pemkab Belu Tak Dapat Formasi CPNS 2018

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belu tidak mendapatkan formasi CPNS tahun 2018 lantaran terlambat memberikan usulan ke Menpan RB. Keterlambatan ini diduga karena putus komunikasi antara staf, pimpinan instansi teknis dan pimpinan lebih atas yakni, Sekda, Wakil Bupati dan Bupati.

“Ini suatu kelalaian dan fatal sehingga Belu tidak mendapatkan formasi CPNS tahun 2018,” ujar Ose kepada awak media, Kamis (13/9/2018).

Dikatakan, Pemerintah terlambat mengusulakan formasi CPNS ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

Mantan Sekda itu menilai hal ini sesuatu kelalaian berat dan fatal. Untuk itu, Pemerintah tidak perlu menutup diri.

“Saya tidak bisa mengatakan hal ini masih diperjuangkan karena kenyataannya kita nol formasi,” ungkap dia.

Dia menuturkan, pihak Menpan RB sebelumnya telah memberikan surat edaran kepada pemerintah kabupaten/kota untuk segera mengusulkan formasi CPNS tertanggal 13 Desember 2017 dan deadline waktu 31 Januari 2018.

Di daerah ditangani oleh Dinas teknis yakni BKPP khususnya bidang pengembangan sumber daya manusia. Komunikasi Menpan dengan Pemerintah Daerah bisa melalui online dan grup WA.

Jelas Ose, di Januari lalu ada surat masuk dari Menpan-RB melalui sistem online dan selanjutnya Kepala Bidang Pengembangan SDM mendownload surat namun setelah itu suratnya tidak diteruskan kepada pimpinan tingkat atas seperti kepala badan, Sekda, Wakil Bupati dan Bupati, tetapi disimpan saja di Kepala Bidang.

“Surat dari Menpan yang di donwload ada, tapi setelah itu Kabid tidak teruskan ke pimpinan tingkat atas sehingga pimpinan tidak tahu. Saya sendiri belum lihat itu surat. Tiba dari Menpan sudah final dan kita dapat nol formasi,” sebut dia.

Masih menurut dia, kekosongan formasi CPNS tahun 2018 untuk Kabupaten Belu benar-benar kesalahan Pemerintah Daerah, bukan kesalahan Menpan RB. Kelalaian yang terjadi karena putusnya komunikasi di setiap tingkatan.

Kendati demikian, tegas Ose dirinya tidak mau cuci tangan dalam masalah tersebut. Masalah yang terjadi tidak sepenuhnya menjadi kesalahan staf semata, tetapi menjadi tanggungjawab Pemerintah.

“Pak Bupati Willy Lay sudah berangkat ke Jakarta tadi pagi membawa surat yang saya tandatangani dan surat usulan untuk formasi CPNS,” ujar dia.

Ketika disinggung terkait akan ada aksi demo masyarakat Belu akibat kekosongan formasi, jelas Ose itu hak mereka. Untuk
para pencari kerja agar bisa mencari peluang untuk mengikuti tes CPNS di Kabupaten/kota yang sudah pasti memiliki formasinya. Karena di Kabupaten Belu saat ini tidak ada formasi CPNS. Pemerintah terus berupaya namun tidak memberikan suatu jaminan.