Bupati Minta Mobilisasi ekskavator Kementan Jangan Dipolemikan

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Bupati Belu, Willybrodus Lay meminta agar ekskavator mini bantuan Kementerian Pertanian (Kementan) RI jangan dipolemik.

Mobolisasi exca tersebut untuk mendukung kegiatan proyek pembangunan Mall Perizinan atau Pelayanan Publik yang merehab bekas gedung lama Bupati Belu.

“Mobilisasi ekskavator mini ke lokasi proyek pembangunan Mall Perizinan merupakan wujud perhatian Pemerintah dalam mendukung program pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Lay saat dikonfirmasi awak media, Jumat (7/9/2018).

Dijelaskan, penggunaan excavator mini tidak mengabaikan kepentingan masyarakat dan sama sekali tidak digunakan untuk mengerjakan item kegiatan dalam proyek Mall Perizinan.

“Aktivitas ekskavator mini di luar kegiatan kontrak proyek. ekskavator dimobilisasi untuk membantu pekerjaan tanam bunga,” tutur Lay.

Menurut dia, mobilisasi alat bantuan Kementan bukan baru sekarang diperbantukan untuk menyelesaikan pekerjaan pembangunan di Belu.

Akui Lay, beberapa waktu lalu ekskavator mini dikirim ke masyarakat di Nufuak Kelurahan Fatukbot Kecamatan Atambua Selatan untuk bantu pembuatan batu merah.

“Ini tidak diributkan. Saya bantu masyarakat ketika masyarakat butuh untuk kemajuan usahanya. Ini bukan tindakan yang salah dan saya juga tidak memperkaya diri,” tandas Lay.

Lanjut dia, exca mini yang diperbantukan ke masyarakat atau demi pekerjaan apa saja di luar kontrak kerja sebuah proyek merupakan tanggung kawab sosial Pemerintah.

“Kalau di BUMN, namanya Coorporate Social Responsibility. Sebagai Pimpinan daerah, saya punya tanggung jawab sosial untuk bantu masyarakat sejauh tidak menyalahi aturan,” ucap Lay.

Terkait Mall Perizinan, Ketua DPD Partai Demokrat Belu itu mengatakan sangat penting untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Itu dilakukan atas konsultasi dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Syafruddin beberapa waktu lalu.

Dalam tatap muka itu Bupati Belu diminta agar kinerja dan pelayanan Pemerintahan dan pembangungan di Kabupaten Belu perlu ditingkatkan.

Atas pertemuan itu, Bupati Wily menindaklanjuti dengan pembangunan Mall Perizinan dan langkah ini sudah ditindaklanjuti dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU).

Kaitan sumber anggaran jelas Lay, Pemerintah membangun Mall Perizinan dengan alokasi yang bersumber dari APBD Tahun 2018 dan sudah dilaporkan kepada DPRD Kabupaten Belu.