Pekerjaan Taman Kota Segmen V Mulai Berjalan

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Pelaksanaan pekerjaan Segmen V Taman Tirosa di Jalan Frans Sedang, sudah dimulai. Terhitung sudah empat hari kerja. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kupang sudah melakukan koordinasi dengan pihak Pertamanan dan Dinas kebersihan untuk memindahkan titik-titik lampu yang ada, juga pemindahan tanaman di area tersebut.

“Pekerjaan taman sudah berjalan selama beberapa hari, dan diimulai dengan pemagaran area, juga pemindahan semua yang ada, mulai dari lampu jalan dan tanaman yang ada,” kata Sekretaris Dinas PUPR Kota Kupang, Devi Loak, saat diwawancarai di Balai Kota Kupang.

Dia menjelaskan, pekerjaan akan dimulai dengan pembuatan sumur bor dengan kapasitas yang memadai. “Pekerjaan fisik pertama yang dilakukan yaitu sumur bor. Sumur bor ini harus efektif, jadi kami cari yang 2.5 liter per detik agar bisa digunakan untuk menghidupkan kolam di area tersebut,” ujarnya.

Dia mengaku, masa kerja segemen V selama 120 hari, namun untuk masa pemeliharaan landscape selama 365 hari, fisik kolam dan lain sebagainya selama 140 hari. Namun pembangunan fisiknya hanya 120 hari.

“Di taman tersebut akan ada kolam, dengan air mancur, landscape, pedestrian, plaza untuk jogging dan duduk-duduk, lampu jalan dan lainnya,” jelasnya.

Dia mengaku, di taman Tirosa juga akan tanaman yang tidak ada di Kota Kupang, yaitu primarsia atau tuak putih, bintaro dan jasmin. Tanaman-tanaman ini merupakan tanaman yang tidak ada di Kota Kupang namun bisa hidup di Kota Kupang.

Untuk itu, kata Devi, dirinya akan mengecek PH atau kondisi tanah. Apakah tanaman ini bisa ditanam di Kupang atau tidak. Jika bisa maka tidak harus mengubah kandungan mineral tanah, ataupun menambahnya.

“Jika memang bisa hidup, maka bisa langsung ditanam. Ataupun kandungan mineral tanah apa yang dibutuhkan agar bisa hidup, dan dalam pertumbuhannya bisa cepat dan bisa beradaptasi dengan lingkungan, jadi tanah ini kita coba dulu. Kami juga optimis pengerjaan taman ini selesai dalam waktu 120 hari,” ujarnya.