Polisi Agendakan Besok Memanggil Vincent Sudjatno Terkait Dugaan Pelecehan Wartawan

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Usai melaporkan dugaan pelecehan terhadap karya jurnalis, penyidik Polres Belu agendakan Senin (3/9/2018) besok akan memanggil Vincent Sudjatno.

Pemilik nama facebook Vincent Sudjatno akan dimintai keterangan terkait komentarnya yang diduga bentuk pelecehan terhadap profesi wartawan di Belu melalui akun facebooknya.

“Rencana hari Senin besok dipanggil untuk dimintai keterangan terkait laporan wartawan,” ucap Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing yang dikonfirmasi melalui pesan WhatsAppnya, Minggu (02/09/2018) malam.

Untuk diketahui dalam pemberitaan sebelumnya, Wartawan Belu yang tergabung dalam Persatuan Jurnalis Belu Perbatasan (Pena Batas) RI-RDTL melaporkan pengguna akun Facebook Vincent Sudjatno ke Polres Belu, Jumat (31/08/2018).

Akun Vincent yang juga Pemilik Toko LHB Atambua itu dilaporkan karena di duga melecehkan Jurnalis Belu di Media Sosial (Facebook) melalui komentarnya pada postingan salah satu akun Facebook di Group Belu Memilih 2015.

Untuk diketahui postingan salah satu akun facebook di Group Belu Memilih 2015 terkait pemberitaan portal Media Online www.theeast.co.id tentang Pembangunan Mall Pelayanan Publik Atambua Murni Tanggungjawab Kontraktor, Rabu (29/08/2018) sekira pukul. 14.38 Wita.

Pada postingan itu, akun facebook Vincent Sudjatno merespon dengan komentarnya “Makanya kasus excavator mini sptnya Bupati yg diserang. Kan hrsnya kontraktor yg patut ditanya, kenapa smp bisa pakai barang tsb. Sy melihat berita sdh spt sentimen pribadi. Mgkn jatah kurang merata atau kurang banyak.”

Terpisah Ketua Pena Batas Edy Bau yang dihubungi mengatakan, komentar akun Vincent Sudjatno jelas telah melecehkan sejumlah pekerja media di wilayah Belu.

“Saya usulkan segera bikin laporan atas nama Pena Batas. Komentarnya itu sudah langsung memvonis bahwa berita itu karena jatah-jatahan,” ujar dia.

Karena itu langkah hukum yang diambil Pena Batas melaporkan pengguna akun Vincent Sudjatno guna mempertanggungjawabkan pernyataannya di Medsos yang telah melecehkan pekerja Media yang bertugas di Belu.

Sementara itu pengguna akun facebook Vincent Sudjatno ketika dikonfirmasi awak media mengaku komentarnya yang diduga melecehkan wartawan hanya iseng.

“Saya tidak ada waktu untuk bertemu, komentar itu tidak serius, saya minta maaf kalau salah, silakan lapor ke Polisi,” kata Vincet via telepon selulernya.