Dua Pejabat Eselon II Lingkup Pemkot Kupang Pensiun

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Dua pejabat eselon II dilingkup pemerintah Kota Kupang resmi melatakan jabatan sebagai Kepala Dinas karena menjalani masa pensiun pada 28 Agustus 2018. Kedua pejabat yang pensiun adalah, Kepala Dinas Pariwisata Kota Kupang, Esther Muhu, dan Kepala Badan Kepegawaian dan Pelatihan Pengembangan Daerah (BKPPD) Kota Kupang, Daud Djirah.

Peletakan jabatan kepala dinas dikedua dinas tersebut, yang kemudian diserahterimakaan kepada masing-masing sekertaris berlangsung di ruang kerja, Sekda Kota Kupang, Bernadus Benu. Hadir pada kesempatan itu, Asisten I, Setda Kota Kupang, Yos Rera Beka, Plt. Asisten II, Thomas Jansen Ga, Asisten III, Rens Tokoh. Hadir juga dua calon Pelaksana Tigas (Plt) untuk BKPPD, Adi Manafe dan Plt, untuk Dinas Pariwisata Kota Kupang, Balina Uly.

Usai serah terima jabatan, Sekda Kota Kupang, Bernadus Benu mengaku bahwa memasuki masa pensiun merupakan hal yang biasa bagi seorang ASN. Namun pasca purna tugas seorang ASN, apalagi yang punya jabatan akan mengalami pemotongan gaji, tunjangan dihilangkan, dan tidak ada lagi perjalanan dinas. Selain itu, seorang ASN yang pensiun akan kehilangan aktifitas rutin dan kehilangan banyak teman yang selama puluhan tahun bekerja dan mengabdi kepada bangsa dan negara.

“Untuk itu saya mengrapkan agar kedua saudara saya harus siap secara psikilogis. Memang berat kalau kita yang biasa beraktifitas lalu tiba-tiba berhenti, akan membuat kita kebingungan. Tapi saya berharap saudara saya yang pensiun hari ini sudah siap menjalani masa purna bakti,” kata Sekda.

Sekda mengaku, dengan pensiunnya Kepala BKPPD, dan Kadis Pariwisata, maka secara keseluruhan ada enam jabatan untuk eselon II yang kosong. Kekosongan jabatan akan bertambah sampai akhir tahun 2018, sebab Kepala Kesbangpol, Erwan Fanggidae akan pensiun pada bulan Oktober, dan dirinya selaku Sekda akan pensiun pada 1 September 2018.

“Jadi untuk sementara jabatan eselon II yang lowong adalah, Kadis Pariwisata, Kadis Perhubungan, Kepala BKPPD, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Asisten II, dan Salah Satu Staf Ahli. sementara untuk Kesbangpol baru akan pensiun pada bulan Oktober nanti,” katanya.