Mahasiswa Baru Diberi Pelatihan Kepemimpinan

Laporan Mohammad Habibudin
Waingapu, NTTOnlinenow.com – Dalam mengikuti Orientasi Mahasiswa Baru (Orsmaru) yang diselenggarakan Unversitas Kristen Wira Wacana (Unkris Wina) Sumba, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) para mahasiswa baru diberikan pelatihan kepemimpinan mahasiswa.

Ketua Tim penyusun kurilulum Unkris Wina Sumba Umbu Ho Ara, SE, M.Si Senin (27/8/2018) mengatakan, kurikulum pelatihan kepemimpinan mahasiswa baru Unkris Wina Sumba telah disusun dengan pertimbangan bahwa mahasiswa Unkris Wina Sumba adalah calon-calon pemimpin di masyarakat.

“Untuk mencapai tujuan tersebut Unkris Wina Sumba sesuai visi misi nya akan membina calon pemimpin yang terencana dan terarah dengan melakukan pembinaan kepemimpinan baik secara formal maupun informal,”kata Umbu.

Menurutnya, pembinaan pemimpin secara formal melalui pelatihan hanya bisa berjalan dengan baik jika ada kurikulum yang berkualitas, fasilitator yang kompeten dan peserta yang aktif karna mengingat Unkris Wina Sumba belum mempunyai kurikulum pelatihan kepemimpinan yang terarah dan sistematis maka salah satu program pembantu rektor III adalah penyusun kurikulum pelatihan kepemimpinan.

Sementara ketua panitia Orsmaru Rambu Bobu, S.Si, M.Si menjelaskan, berkaitan dengan Orsmaru maka sejalan dengan visi misi Unkris Wina Sumba yakni menjadi pusat pedidikan yang menghasilkan tenaga-tenaga ahli berkompetensi sehingga menjadi wirausaha yang mandiri dan sinergistik.

“Kita harapkan dengan pelatihan kepemimpinan ini untuk menjadi pelopor, motivator dan dinamisator kewirausahaan dalam proses transformasi masyarakat,”ungkapnya.