Bolok Diresmikan Sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Wakil Bupati Kupang Korinus Masneno meresmikan Desa Sadar Ketenagakerjaan di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat yang diselenggarakan oleh Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Provinsi NTT.

Bupati Kupang, Ayub Titu Eki dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Kupang, Korinus Masneno mengatakan, penyelenggaraan kegiatan ini sebagai wujud nyata adanya sinergitas BPJS Ketenagakerjaan dengan masyarakat Desa Bolok dalam rangka menjadikannya sebagai Desa Sadar Jamsostek pertama di Kabupaten Kupang bahkan pertama di provin si NTT.

Program Desa Sadar Jamsostek merupakan Program Nasional yang bertujuan memberikan perlindungan sosial kepada masyarakat yang rentan mengalami resiko sosial dan ekonomi dari aktifitas mereka melakukan kegiatan ekonomi.

“Bukti konkrit dari perlindungan tenaga kerja hendaknya menyadarkan kita semua bahwa kecelakaan kerja dapat dialami setiap orang,kapan saja dan dimana saja. Namun tidak lantas mengakibatkan masa depan keluarga yang ditopang oleh pekerja menjadi tidak ada harapan,” katanya.

Masneno menyatakan, Pemerintah Kabupaten Kupang perlu bersinergi dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam rangka penyebarluasan informasi dan selanjutnya melakukan kerja sama dengan pemerintah desa sehingga seluruh perangkat desa diikutkan dalam program Jamsostek yang sangat bermanfaat ini.

“Karena Kabupaten Kupang merupakan suatu kawasan yang sangat strategis sebagai ibukota provinsi NTT dan karena itu industri dan usaha lainnya akan dibangun di wilayah ini. Bahkan dikembangkan sebagai kawasan industri skala nasional,” ujarnya.

Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan, Rekson Silaban mengatakan, tiada keadilan sosial tanpa jaminan sosial. Menurut Rekson, program BPJS Ketenagakerjaan merupakan program negara yang tidak ada pajak.

“Siapapun yg ingin menjadi peserta BPJS hanya cukup membayar Rp. 5.400/ bulan karena besar manfaatnya demi kesejahteraan,” katanya.

Rekson berharap, peserta BPJS di Desa Bolok terus bertambah dari tahun ke tahun. Karena semakin banyak rakyat yang masuk menjadi peserta program jaminan sosial maka aspek kesejahteraan masyarakat semakin terpenuhi.

Ketua Panitia, Rima Damayanti dalam laporannya mengatakan, dasar ditunjuknya Desa Bolok sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan adalah berdasarkan pertimbangan bahwa Desa Bolok merupakan daerah kawasan industri yang menyerap banyak tenaga kerja.

“Potensi penyerapan tenaga kerja di daerah ini kedepannya akan semakin pesat dikarenakan pertumbuhan dan pembangunan perusahaan di sekitar wilayah desa,” ungkapnya.

Karena itu, lanjut dia, hal ini mendorong BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang NTT untuk lebih gencar mengedukasi masyarakat sekitar tentang pentingnya perlindungan Jaminan Sosial bagi masyarakat khususnya jaminan sosial ketenagakerjaan.

Rima berharap, dengan disresmikannya Bolok sebagai Sesa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, perkembangan program-program BPJS Ketenagakerjaan dapat bertumbuh dengan baik.

“Khusus Bapak Bupati Kupang agar selalu mendukung dan mensukseskan program BPJS Ketenagakerjaan di Kabupaten Kupang,” harap Rima yang juga adalah Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan NTT ini.

Turut hadir Deputi Direktur Bidang Perluasan Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, Deputi Direktur wilayah Bali, NTT dan Papua Ketenagakerjaan, Danlantamal Kupang, Kapolres Kupang, Asisten I Setda Kabupaten Kupang, Pimpinan OPD, Camat, Kades serta Tokoh Masyarakat.