Asian Games 2018, Energi Bagi Persatuan Bangsa Palestina

Bagikan Artikel ini

Laporan Frans Watu
Jakarta, NTTOnlinenow.com – Ketua Komite Olimpiade Palestina, Jibril Mahmoud Muhammad Rajoub, menyampaikan penghargaan yang tinggi bagi Indonesia atas dukungan yang diberikan kepada kontingen Palestina dalam Asian Games 2018. Bahkan, dukungan yang luar biasa itu menjadikan kontingennya merasa berada di rumahnya sendiri saat berpartisipasi dalam pesta olahraga terbesar se-Asia tahun ini.

Hal itu disampaikan oleh Jibril Rajoub saat diterima oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa, 21 Agustus 2018.

“Dari awal sudah menyampaikan apresiasi. Dia merasa di rumah sendiri. Dukungan publik sangat tinggi terhadap delegasi Palestina dan jumlah delegasinya cukup banyak. Lebih dari 80 atlet untuk 14 cabang olahraga,” ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Retno melanjutkan, Ketua Komite Olimpiade Palestina itu menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan dan pelayanan yang diberikan Indonesia kepada kontingen dan delegasi Palestina di Jakarta. Selain itu, Jibril Rajoub juga membawa pesan dari Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, yang juga mengapresiasi konsistensi dukungan Indonesia kepada rakyat Palestina selama ini.

Indonesia selain mengupayakan dukungan dunia internasional atas perjuangan rakyat Palestina juga mendorong persatuan di dalam negara Palestina itu sendiri. Presiden Joko Widodo berpandangan bahwa persatuan seluruh elemen bangsa merupakan bagian yang tak terpisahkan dari perjuangan Palestina.

“Dari kegiatan olahraga kemarin, kontingen Palestina itu tidak hanya terdiri dari orang-orang Fatah tetapi juga Hamas. Di situlah kemudian ternyata olahraga dapat mempersatukan perbedaan. Ini merupakan satu momentum yang sangat bagus yang dapat digunakan untuk terus mempersatukan Palestina,” ujar Retno.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Negara menegaskan bahwa dukungan yang diberikan Indonesia kepada Palestina tak terbatas pada dukungan politik semata. Indonesia akan terus mengupayakan dukungan-dukungan lainnya seperti di bidang ekonomi dan pembangunan sumber daya manusia.

“Hari ini Ketua Komite Olimpiade Palestina akan bertemu juga dengan Menteri Pemuda dan Olahraga untuk membahas mengenai masalah kerja sama apa yang dilakukan untuk masalah kepemudaan dan olahraga,” ucap Retno.

Terkait dukungan yang diberikan Indonesia itu, Jibril Rajoub menitipkan harapan Presiden Abbas dan seluruh rakyat Palestina kepada Indonesia untuk terus menyuarakan masalah Palestina dalam setiap forum internasional yang dihadiri oleh Indonesia. Ia menyebut bahwa rakyat Palestina selalu memperhatikan apa yang dilakukan Indonesia dalam memperjuangkan dukungan bagi Palestina di forum global.

“Beliau menyampaikan harapan Presiden Abbas agar Indonesia terus dapat membantu perjuangan Palestina dan membawa isu Palestina ini ke manapun Indonesia pergi. Karena mereka sangat memantau dari dekat ke manapun Indonesia pergi,” kata Retno.