Cuaca Membaik, Pelayaran PT ASDP Waingapu Kembali Normal

Laporan Mohammad Habibudin
Waingapu, NTTOnlinenow.com – Setelah beberapa pekan lalu pelayaran kapal Ferry Indonesia milik PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Persero tak melayani pelayaran antar pulau akibat cuaca buruk, saat ini PT ASDP kembali membuka pelayaran antar pulau dari dan ke Waingapu-Aimere-Sabu-Kupang.

Supervisi PT ASDP Indonesia (Persero) cabang Waingapu, Sumba Timur, NTT Andri Matte ketika dihubungi NTTOnlinenow.com menjelaskan, setelah memperhatikan kondisi cuaca pada hari ini melalui prakiraan cuaca maka pelayaran antar pulau di buka kembali.

“Jadi mulai hari ini pelayaran antar pulau kembali normal karna cuaca sudah mulai membaik, untuk pelayaran dari Kupang-Aimere-Waingapu (PP) akan tiba KMP INERIE II di pelabuhan penyeberangan pada Jumat (10/8/2018) mendatang sedangkan KMP Umakalada akan melayani Waingapu-Ende-Sabu (PP) pada Senin (12/8/2018) mendatang ”kata Andri.

Menurutnya, jika pelayaran kembali normal, pihaknya tetap mengevaluasi kondisi cuaca yang tidak menentu berupa penundaan pelayaran karna beberapa pekan lalu cuacapun tidak bersahabat, namun cuaca tersebut tak memakan waktu yang terlalu lama.

“Kalau cuaca biasanya tidak terlalu lama tapi ini berdasarkan data dari BMKG maka kita harus mematuhinya dan kita terus berkoordinasi,”ungkapnya.

Andri juga meminta, kepada semua pihak untuk mematuhi ketentuan arus pelayaran demi keselamatan bersama, disamping itu pihaknya (PT ASDP) telah melakukan sistim buka tutup pelayaran, jika cuaca memburuk pelayaran ditutup, bila cuaca membaik pelayaranpun akan dibuka.