Kodim Belu Manfaatkan Lahan Tidur Jadi Kebun Percontohan

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTonlinenow.com – Satuan Kodim 1605/Belu melalui Koramil 07 Wedomu melakukan terobosan baru dibidang pertanian yakni mengembangkan kebun percontohan.

Adapun pengembangan itu memanfaatkan lahan kosong milik warga di Dusun Bauatok, Desa Manleten, Kecamatan Tastim, Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan RI-Timor Leste.

Demikian Dandim 1605/Belu melalui Danramil 07/Weluli, Kapten Inf Alex Bessie kepada NTTOnlinenow.com, Rabu (1/8/2018).

Dikatakan, pengembangan kebun percontohan dilakukan Kodim Belu sejak tiga minggu lalu dengan memanfaatkan lahan kosong milik warga setempat yang selama ini tidak terpakai.

“Luas lahannya kurang lebih satu hektare, dan kita TNI bersama pemilik lahan garap mulai dari pembersihan sampai menanam,” ujar dia.

Bessie menuturkan, kebun percontohan Kodim Belu ditanami dengan tanaman umur pendek jenis jagung dan lombok. Umur tanaman kurang lebih memasuki tiga minggu.

“Kebun percontohan ini kerjasama Kodim dengan pemilik lahan. Tujuan TNI untuk memotivasi masyarakat memanfaatkan lahan kosong,” terang dia.

Lebih lanjut jelas Bessie, kegiatan pengembangan kebun percontohan di wilayah perbatasan Belu ini berkaitan dengan ketahanan pangan. Selain itu juga bagaimana meningkatkan kedekatan TNI dengan rakyat.

Diharapkan, kebun percontohan Kodim Belu di Dusun Bauatok ini bisa menjadi contoh sekaligus mendorong warga lain untuk memanfaatkan lahan kosong dengan menanam tanaman umur pendek guna mendukung kesejahteraan ekonomi warga.