Inafeto Lalean, Tradisi Umat Katolik Sambut Ulang Tahun Paroki Atapupu

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Sekitar seribu lebih umat Katolik mengikuti prosesi perarakan patung Inafeto Lalean (Bunda Surgawi) lewat laut Atapupu, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan RI-Timor Leste, Selasa (31/7/2018).

Adapun rute prosesi Inafeto Lalean atau patung Triharta Iman keenam dalam tahun ini dimulai dari dermaga teluk Gurita Desa Dualaus. Umat menyediakan perahu yang telah dihias untuk mengangkut patung suci tersebut bersama patung Kristus.

Prosesi dimulai sekitar pukul 13.00 Wita. Perahu yang mengangkut patung berada di depan diikuti belasan perahu yang ditumpangi umat sambil berdoa sepanjang prosesi berlangsung ditengah laut hingga tempat akhir di TPI.

Sementara di dermaga TPI sebagian umat menunggu untuk menyambut kedua patung tersebut. Setiba dilokasi umat menyambut patung diiringi doa, selanjutnya diarak berjalan kaki menuju ke Gereja Atapupu.

Prosesi wisata religius di perbatasan Belu dan Negara Timor Leste menyambut HUT Paroki Atapupu setiap tanggal 1 Aguatus berjalan aman dan lancar mulai dari awal hingga akhir dengan pengawalan ketat dari keamanan keamanan gereja didukung aparat keamanan Polri dan TNI.

Untuk diketahui, sebelum puncak prosesi Inafeto Lalean, umat Katolik terlebih dahulu melakukan perarakan atau ziarah patung suci mengelilingi setiap lingkungan sejak tanggal 25 lalu dalam rangka menyambut hari ulang tahun Paroki Stella Maris Atapupu ke-135 pada tanggal 1 Aguatus 2018.

Prosesi Triharta Iman itu dilakukan selama seminggu mulai di Stasi Silawan kemudian ke Stasi Seroja Mota’ain. Lanjut hari ketiga di Stasi Kenebibi kemudian bwrgeser ke Stasi Ainiba dan hari kelima di Stasi Lakafehan.

Hari keenam patung diarakan ke pelabuhan Gurita selanjutnya hari ketujuh puncak perarakan patung Inafeto Lalean melalui laut Atapupu kembali Gereja Atapupu.

Rangkaian perarakan patung mengelilingi lingkungan berakhir di pelabuhan teluk Gurita pada Senin sore. Umat menyalakan lilin di tempat peristrahatan patung dan menjaga hingga prosesi akhir patung diarak melalui laut.

Selesai prosesi Inafeto Lalean, umat Katolik di Paroki Atapupu akan melakukan misa syukur ulang tahun Paroki Stella Maris Atapupu yang ke-135 pada tanggal 1 Agustus 2018 besok di Gereja Atapupu.

Adapun rangkain prosesi tersebut dilakukan umat guna mengenang misi gereja atas penyebaran agama Katolik pertama di pulau Timor dan hari ini kita lakukan perayaan misa memperingati ulang tahun Paroki Santa Stella Maris yang ke-135 tahun.