Ciptakan Jiwa Kepemimpinan, HHF Gelar Forum Osis Bagi Sejumlah Pelajar SMA/SMK Di Kota Waingapu

Bagikan Artikel ini

Laporan Mohammad Habibudin
Waingapu, NTTOnlinenow.com – Helping Hands Foundation (HHF) melalui program Tunas Indonesia Muda, Jumat (27/7/2018) menggelar forum Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) untuk membentuk pelajar menjadi pemimpin (Leadership) yang diikuti sebanyak 40 pengurus OSIS dan 8 orang pembina OSIS SMA/SMK se- Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur.

Pembina Yayasan Helping Hands Foundation (HHF) program Tunas Indonesia Muda, Sanita Retmi Situmorang saat dikonfirmasi mengatakan, program Tunas Indonesia Muda ini adalah angkatan ke-3 yang diselenggarakan oleh Yayasan Helping Hands Foundation dengan merekrut sejumlah pelajar dari siswa SMA/SMK di Kota Waingapu.

“Kegiatan ini seluruh peserta mendapat penjelasan tentang rangkaian kegiatan dan juga kita adakan Focus Group Discusion (FGD) antara lain Integritas, komitmen, prioritas, visi dan pantang menyerah bahkan seluruh topik pembahasan terangkum dalam sebuah modul diberikan kepada peserta,”kata Sanita.

Ia menambahkan, modul dikemas dalam pola sederhana agar mudah dimengerti oleh peserta, selain itu adapun tanya jawab antara peserta dan mengisi pertanyaan yang disediakan dalam modul dengan waktu yang diperlukan setiap FGD antara 1-1,5 jam setiap minggunya.

“Dalam pertemuan FGD peserta wajib menunjukan modul, tanda pengenal (ID Card) dan lembar kontrak masing-masing, jika peserta tidak membawanya salah satu dari ketiga persyaratan maka mereka harus pulang mengambil dan kembali ke sekolah dan diakhir diskusi peserta mencantumkan tanda tangan dilembar kehadiran,”paparnya.

Sementara UPTD Bidang Pendidikan, Dorince MA Billi menuturkan, pertemuan kami dalam program Tunas Indonesia Muda adalah yang ke-3 kalinya diselenggarakan Yayasan Helping Hands Foundation dengan harapan bagi peserta pelajar kami yang mengikutinya diharapkan mampu menjadi seorang pemimpin.

“Menjadi pemimpin itu bukan saja menjadi Presiden, Gubernur atau Bupati namun pemimpin itu adalah pengaruh, kemampuan seseorang mempengaruhi orang lain,”terang Dorince.

Lanjut dia, kepemimpinan bukanlah milik orang-orang tertentu, kitapun bisa menjadi pemimpin, tak ada yang dapat mencegah anda menjadi seorang pemimpin karna anda dilahirkan dengan kemampuan mempengaruhi ribuan orang.