Relawan Jokowi Desak Farry Francis Segera Klarifikasi

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Ratusan orang dari sejumlah elemen yang tergabung dalam Sekretariat Bersama Relawan Jokowi Provinsi NTT mendesak anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra asal NTT yang juga Ketua Komisi V DPR RI, Farry Djemi Francis untuk segera membuat klarifikasi terbuka kepada masyarakat NTT atas pernyataannya beberapa waktu lalu.

Demikian salah satu point orasi yang disampaikan dalam aksi damai Sekretriat Bersama (Sekber) Relawan Jokowi di DPRD NTT, Kamis (26/7/2018).

Sejumlah elemen yang tergabung dalam Sekber Relawan Jokowi itu antara lain, Seknas Jokowi, Poros Jokowi, Bara JP, Pospera, Bara Baja, dan Teman Jokowi. Di bawah pengawalan puluhan aparat kepolisian, mereka membentangkan sejumlah spanduk antara lain bertuliskan “Jokowi kerja nyata, rakyat NTT tolak label pencitraan dari Farry Francis. Pembangunan infrastruktur Jokowi untuk mewujudkan keadilan sosial. Sekber relawan Jokowi NTT bersatu menggugat Farry Francis.”

Ketua Poros Jokowi NTT, John Rikardo dalam orasinya mengatakan, sangatlah keliru pernyataan yang disampaikan Farry Francis bahwa pembangunan infrastruktur di NTT oleh Presiden Jokowi merupakan sebuah pencitraan. Karena jumlah pemilih di NTT yang hanya tiga juta lebih, hampir sama banyaknya dengan jumlah pemilih satu kelurahan di Pulau Jawa. Pembangunan yang dilaksanakan di NTT seperti pembangunan tujuh bendungan dan sejumlah program lainnya hanya untuk mewujudkan pembangunan yang berkeadilan.

“Kita beri kesempatan selama tujuh kali 24 jam kepada Farry Francis untuk melakukan klarifikasi terbuka kepada masyarakat NTT atas pernyataan yang disampaikan bahwa pembangunan di NTT sebagai bentuk pencitraan yang dilakukan Presiden Jokowi,” kata John.

Dia menyebut, pernyataan Farry Francis itu memberi pesan yang sangat kuat bahwa masyarakat NTT tidak tahu berterimakasih kepada pemerintah terutama Presiden Jokowi. Dengan melakukan kunjungan kerja ke NTT sebanyak delapan kali hingga menginap di NTT, menunjukkan adanya perhatian yang cukup tinggi dari Jokowi untuk NTT. Sehingga boleh dikatakan, pernyataan itu tidak mewakili rakyat NTT tapi lebih pada mengatasnamakan rakyat NTT.

Ketua Seknas Jokowi NTT, Raymundus Penana Nuba mempertanyakan apa motivasi dibalik pernyataan yang dikeluarkan Farry Francis. Dikuatirkan, ada pesan lain dibalik pernyataan itu disaat bangsa dan negara dilanda berbagai aksi radikal dan hadirnya organisasi radikalisme. Jangan sampai Farry Francis ingin memecah belah masyarakat NTT yang selama ini terkenal sangat rukun.

Setelah berorasi, mereka menyerahkan pernyataan sikap yang diterima Yohanes Buang, salah satu kepala bagian di Sekretriat DPRD NTT. Massa aksi tidak bisa bertemu dengan salah satu anggota dewan pun, karena semua anggota dewan lagi ke daerah- daerah melakukan sosialisasi rancangan peraturan daerah.

Pernyataan sikap Sekber Relawan Jokowi sebagai berikut, (satu), mendesak Farry Francis untuk segera meminta maaf ke publik NTT melalui media massa bahwa pernyataan yang dilontarkan beberapa waktu lalu adalah sebuah kekeliruan yang telah dilakukan baik sengaja maupun tidak sengaja.

Dua, mendesak Farry Francis untuk tidak lagi menggunakan politik pembusukan demi mementingkan kepentingan kelompok politiknya yang bisa saja mengorbankan kepentingan bangsa dan negara, khususnya masyarakat NTT.

Tiga, Farry Francis harus menegaskan bahwa tidak ada penetrasi kepentingan politik lain dengan cara yang sama (membohongi publik) yang mengancam Pancasila dan UUD 1945 serta Bhineka Tunggal Ika.

Empat, mengimbau kepada rakyat NTT untuk hati- hati dengan politisi Gerindra, Farry Francis yang bisa saja mengancam kedamaian, ketentraman rakyat NTT dengan berita- berita bohong lainnya.

Lima, jika Farry Francis tidak melakukan sebagaimana tertuang dalam pernyataan sikap ini, akan meneruskan berita bohong tersebut ke ranah hukum.