Yunus Takandewa Resmi Dilantik Jadi Wakil Ketua DPRD NTT

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Yunus H. Takandewa resmi dilantik menjadi Wakil Ketua DPRD NTT, yang dilakukan dalam sidang paripurna istimewa pengambilan sumpah/ janji Wakil Ketua DPRD NTT sisa masa jabatan 2014 – 2019, Rabu (25/7/2018).

Sidang paripurna pengambilan sumpah/janji yang dilakukan di ruang sidang utama gedung DPRD NTT itu, dihadiri oleh Penjabat Gubernur NTT Robert Simbolon, unsur Forkopimda NTT, dan undangan lainnya.

Diawali dengan pembukaan sidang oleh Ketua DPRD NTT Anwar Pua Geno, lalu pembacaan salinan Surat Keputusan (SK) Mendagri oleh Sekretaris DPRD NTT, Thobias Ngongo Bulu. Selanjutnya, pengucapan sumpah janji dipandu oleh Ketua Pengadilan Tinggi Kupang.

Sebelumnya DPRD NTT melalui Gubernur NTT mengusulkan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk mendapatkan peresmian pengangkatannya. Hal itu untuk mengisi kekosongan jabatan yang ditinggalkan Nelson Obed Matara yang maju dalam pilkada Kabupaten Kupang pada Juni 2018 lalu.

Ketua DPRD NTT, Anwar Pua Geno dalam sambutannya menyatakan, yakin bahwa Yunus Takandewa yang baru saja dilantik menggantikan Nelson Obed Matara sebagai wakil ketua DPRD NTT, dapat memberikan kontribusi pemikiran dan gagasan cerdas, konstruktif dan positif untuk kemaslahatan daerah dan masyarakat NTT.

“Saya sampaikan proficiat kepada saudaraku Yunus Takandewa, saya juga yakin dan percaya beliau yang masih muda dan energik, dapat memberikan kontribusi positif, untuk bersama-sama saya dan dua orang wakil ketua dalam memimpin agenda-agenda dewan,” katanya.

Dia menyatakan, berdasarkan regulasi terbaru, pimpinan DPRD mempunyai tugas dan wewenang memimpin rapat DPRD dan menyimpulkan hasil rapat untuk diambil keputusan. Selain itu, menyusun rencana kerja DPRD, menetapkan pembagian tugas antara ketua dan wakil ketua.

“Karena itu, untuk pak Yunus Takandewa sesuai dengan pembagian tugas, adalah koordinator Komisi III dan Komisi IV DPRD NTT,” kata Anwar.

Penjabat Gubernur NTT, Robert Simbolon mengatakan, seluruh jajaran pemerintah provinsi NTT mendukung pelaksanaan tugas Wakil Ketua DPRD NTT yang baru dilantik.

“Sejak pelantikan ini, bapak Yunus akan melaksanakan tugas sebagai salah satu unsur pimpinan DPRD provinsi NTT. Tugas ini adalah tugas perutusan, dan tugas perutusan ini tidak mudah, karena itu seluruh jajaran pemerintah NTT mendukung pelaksanaan tugas baru yang diemban,” ujarnya.

Dia berharap, Yunus Takandewa sukses dalam berkarya sebagai mana Nabi Yunus dalam cerita Alkitab, yang diutus Allah ke tengah-tengah kota Niniwe agar menyerukan pertobatan dan sukses menyadarkan penduduk Niniwe.

“Semoga bapak Yunus Takandewa menjadi utusan Allah untuk kebaikan masyarakat Nusa Tenggara Timur,” tandasnya.