Viktor Manek : Akan Dilantik Dua Penjabat Bupati

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Hingga akhir tahun 2018 mendatang, akan ada lagi pelantikan dua penjabat bupati, yakni untuk Kabupaten Nagekeo dan Sumba Tengah.

Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda NTT, Viktor Manek sampaikan ini kepada wartawan di Kupang, Senin (23/7/2018).

Viktor menjelaskan, pelantikan dua penjabat bupati dimaksud karena masa jabatan bupati dan wakil bupati periode 2013- 2018 segera berakhir. Untuk Kabupaten Sumba Tengah, akhir masa jabatan bupati- wakil bupati pada 2 November 2018. Sedangkan Bupati- Wakil Bupati Nagekeo, Elias Djo- Paul Nuwa Veto pada 23 Desember 2018.

“Sebelum pelantikan penjabat bupati, lembaga dewan dua kabupaten itu menggelar sidang paripurna tentang berakhirnya masa jabatan bupati dan wakil bupati,” kata Viktor.

Tentang apakah sudah ada nama penjabat bupati untuk dua kabupaten itu, dia menyampaikan belum ada. Sesuai ketentuan, bupati mengusulkan tiga nama ke Mendagri melalui gubernur. Selanjutnya, ditetapkan satu orang untuk menduduki jabatan sebagai penjabat bupati.

“Penjabat bupati Sumba Tengah dan Nagekeo akan melaksanakan tugas hingga dilantiknya bupati dan wakil bupati terpilih hasil pilkada 27 Juni 2018,” papar Viktor.

Dia menyampaikan, sesuai agenda pelantikan bupati dan wakil bupati Sumba Tengah dan Nagekeo terpilih hasil pilkada serentak 27 Juni lalu pada Maret 2019 mendatang. Pelantikannya dilaksanakan bersamaan dengan bupati dan wakil bupati Rote Ndao, Manggarai Timur dan Timor Tengah Selatan (TTS). Dimana ketiga kabupaten ini, akhir masa jabatan bupati dan wakil bupatinya pada tahun 2019 mendatang. Akhir masa jabatan bupati Rote Ndao pada 2 Februari, Manggarai Timur pada 14 Februari, dan TTS pada 6 Maret.

“Pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih hasil pilkada serentak 27 Juni untuk lima kabupaten ini dilakukan bersamaan karena berdasarkan kategori waktu akhir masa jabatan bupati pada September 2018 sampai pertengahan Maret 2019, pelantikannya pada 14 Maret 2019,” terang Viktor.

Dia menambahkan, dengan akan dilantiknya dua penjabat bupati itu, maka dalam enam bulan terakhir dilantik tiga penjabat bupati. Dimana pada Jumat, 20 Julu, Penjabat Gubernur, Robert Simbolon melantik Penjabat Bupati Sikka, Mekeng P. Florianus. Sesuai jadwal, pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih pada 20 September 2018.