Kades Pamburu: TMMD Upaya Merubah Pembentukan Karakter Masyarakat Desa

Bagikan Artikel ini

Laporan Mohammad Habibudin
Waingapu, NTTOnlinenow.com – Kepala Desa Pamburu, Kecamatan Pahunga Lodu, Kabupaten Sumba Timur NTT, Umbu Wanda Angu ketika ditemui di kediamannya Desa Pamburu Sabtu (21/7/2018) mengatakan, masuknya program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 102 diwilayah Kodim 1601 Sumba Timur salah satu upaya merubah pembentukan karakter masyarakat Desa Pamburu.

“Program TMMD ini baru pertama kali masuk di Desa Pamburu, tentu harapan saya bersama masyarakat sangat antusias, bagi saya harapan ini upaya untuk membentuk karakter seseorang maupun masyarakat banyak di Desa,”kata Umbu Wanda Angu.

Menurutnya, di Desa yang ia pimpin selama 4 tahun masih banyak yang harus dibenahi karena selama masa penjabat Kepala Desa sebelumnya Desa Pamburu belum terlihat sebagai Desa, namun dengan perjuangannya bersama masyarakat Desa berdampak kepada nilai tambah yakni program TMMD iapun terus berupaya mengajak masyarakat Desa untuk bekerja dan tak ingin bermalas-malasan.

“Saya tau masyarakat Desa Pamburu masih ada juga yang malas, tapi dengan kehadiran program TMMD ini adalah wujud nyata mendidik masyarakat untuk bekerja dan berdisiplin tinggi serta saling menghormati satu sama lainnya,”ujarnya.

Umbu Wanda Angu menambahkan, apresiasinya terhadap anggota TNI pada kegiatan TMMD sangat diharapkan karna merasa terbantu dan terjalinnya kerjasama yang baik antara TNI dan masyarakat untuk membangun Desa.

“Kegiatan ini juga sebagai ajang untuk merubah dan membentuk karakter masyarakat Desa Pamburu untuk sadar akan pentingnya bekerja bergotong royong tentu dengan adanya program TMMD mereka dilatih bagaimana membangun Desa,”ungkapnya.

Ia menjelaskan, sampai dengan hari ini, memasuki hari ke-10 pekerjaan fisik yakni peningkatan badan jalan Desa, pembangunan Gereja, saluran irigasi dan 2 unit deker telah mencapai 60 persen sedangkan non fisik sementara dilaksanakan.

Lanjut Umbu Wanda Angu, harapannya dalam pelaksanaan program TMMD 102 diwilayah Kodim 1601 Sumba Timur akan mewujudkan Desa sejahtera dan mandiri melalui ekonomi kerakyatan, tentu semuanya membutuhkan kebersamaan dan keterlibatan semua unsur dan masyarakat.