Walikota Kupang Targetkan Imunisasi Massal MR Sukses

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Menjelang dilaksanakanya, imunisasi masal Measles Rubella yang akan dilakukan pada bulan Agustus mendatang, pemerintah Kota Kupang menggelar Pertemuan Advokasi dan Sosialisasi Kampanye dan Introduksi Imunisasi Measles Rubella (MR) tingkat Kota Kupang yang berlangsung di Swiss Bellin Hotel, Kamis (19/7/2018).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore yang dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, dr.Ary Wijana bersama sejumlah pimpinan OPD, camat dan lurah se Kota Kupang, Kepala Puskesmas, media.

Dalam sambutannya Walikota Kupang mengatakan penyakit campak dan rubella dapat dicegah dengan imunisasi vaksin yang dapat mencegah dua penyakit tersebut sekaligus. Di dunia internasional, dalam Global Vaccine Action Plan (GVAP), campak dan rubella ditargetkan untuk dieliminasi di 5 region WHO pada tahun 2020.

Sejalan dengan GVAP, The Global Measles and Rubella Strategic Plan 2012-2020 memetakan strategi yang diperlukan untuk mencapai target dunia tanpa campak, rubella dan CRS (Congenital Rubella Syndrome), hal tersebut mendasari dilaksanakannya pertemuan ini sebagai bentuk dukungan Pemerintah Kota Kupang terhadap kegiatan eliminasi campak dan rubella di wilayah Kota Kupang.

Pertemuan ini diharapkan dapat mensosialisasikan, mendapat dukungan dan mengkoordinasikan kegiatan kampanye dan rubella mulai dari pencegahan hingga penanganannya, sehingga para peserta diharapkan dapat mengikuti dengan baik dan serius kegiatan ini guna kembali mensosialisasikannya kepada masyarakat dimanapun domain kita.

“dalam kesempatan ini, saya harus mengingatkan seluruh jajaran Dinas Kesehatan Kota Kupang, baik di dinas, rumah sakit, puskesmas dan puskesmas pembantu untuk memperhatikan dengan sungguh-sungguh ketentuan capaian imunisasi anak universal sesuai dengan standar pelayanan minimal yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia sehingga berdampak pada derajat kesehatan masyarakat serta keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan di Kota Kupang”, tambah Dr. Jefri Riwu Kore
Wali Kota Kupang.

Di akhir sambutan wali kota mengapresiasi Dinas Kesehatan Kota Kupang bersama pihak-pihak terkait yang telah menyelenggarakan pertemuan ini, semoga kegiatan tersebut membawa dampak positif khususnya bagi masyarakat Kota Kupang.

Ketua Panitia Kegiatan Sosialisasi, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, dr. I Wayan Ari Wijana mengatakan, pencanangan Kampanye MR akan dilakukan pada tanggal 1 Agustus 2018, dengan lokasi Kelurahan Merdeka tepatnya di kompleks sekolah Katolik.

Adapun sasaran yang akan diimunisasi MR di Kota Kupang sebanyak 104.791 anak, dengan usia sasaran 9 bulan sampai 15 tahun dan rencana pos imunisasinya sebanyak 786 pos, serta tenaga yang akan melaksanakan sebanyak 345 orang. Pemberian imunisasi pada bulan Agustus difokuskan pada anak usia sekolah melalui sekolah-sekolah PAUD, TK, SD, SMP di wilayah Kota Kupang. Sedangkan pada bulan September pemberian imunisasi lainnya untuk anak usia belum sekolah dan usia sekolah tapi tidak sekolah.

Ia mengatakan, Tujuan pertemuan ini adalah untuk menyebarluaskan informasi tentang kegiatan Kampanye dan Introduksi MR kepada lintas sektor/lintas program, tenaga kesehatan, organisasi profesi kesehatan, media massa serta masyarakat umum, serta memperoleh dukungan dari lintas sektor/lintas program dalam pelaksanaan kampanye dan introduksi MR tahun 2018.

Dikatakan, Kegiatan tersebut terlaksana atas kerjasama antara Pemerintah Kota Kupang dan UNICEF Perwakilan NTT, biaya dibebankan dari Dana Alokasi Umum Kota Kupang tahun anggaran 2018 dan dari UNICEF Perwakilan NTT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*