Jaga Kedaulatan NKRI, Kodim 1605/Belu Gencar Pembekalan Wasbang Bagi Warga Batas

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Peran TNI penting dalam menjaga pertahanan dan keutuhan NKRI. Selain melaksanakan tugas utama, Kodim 1605/Belu gencar memberikan pembekalan Wawasan Kebangsaan bagi warga Belu dan Malaka di sepanjang perbatasan RI-Timor Leste.

Sasaran pembekalan materi Wasbang oleh anggota Kodim Belu yakni warga yang berada atau berdomisili di garis batas negara. Selain itu materi Wasbang, kebhinekaan dam outbond difokuskan juga bagi kalangan pelajar generasi muda bangsa di dua wilayah.

Demikian Dandim 1605/Belu, Letkol Czi. I Gusti Putu Dwika kepada media, Senin (9/7/2018) malam.

Dia menuturkan, Anggota TNI tak terkecuali di satuan Kodim Belu harus bisa memahami fungsi dan tugas pemberdayaan wilayah pertahanan negara khususnya di tapal batas wilayah hukum Kodim dengan negara tetangga.

Ditegaskan, pembekalan materi wawasan kebangsaan, bagi warga di perbatasan negara sangat penting. Melalui giat itu kita menanamkan nasionalisme juga tumbuh kembangkan rasa nasionalis bagi warga serta anak-anak generasi bangsa Indonesia.

“Selain tugas pokok, kita gencar tumbuh kembangkan rasa nasionalis melalui kegiatan teritorial bagi warga perbatasan demi kedaulatan dan keutuhan NKRI,” kata dia.

Lanjut Putu, perkembangan teknologi saat ini sangat mempengaruhi kalangan generasi muda bangsa Indonesia. Dampak dari hal itu, dimana kita melihat nilai cinta akan tanah air atau rasa nasionalisme dikalangan generasi muda kian luntur.

“Karena itu, kita terus melalukan berbagai kegiatan menanamkan rasa cinta akan tanah air, tanamkan nilai-nilai pancasila dam bhineka tunggal ika melalui giat tumbuh kembangkan rasa nasionalisme melalui materi Wasbang,” ujar dia.

Ditambahkan, selain itu prajurit Kodim 1605/Belu gencar melaksanakan kegiatan komunikasi sosial (komsos) dan binter oleh para Babinsa dan anggota di setiap Koramil bagi warga di Belu dan Malaka wilayah hukum Kodim 1605/Belu.

Tujuan dilaksanakan kegiatan komsos guna mengetahui perkembangan wilayah binaan Babinsa dan itu tugas rutin yang dilakukan di setiap Koramil untuk memberikan motivasi serta ide-ide yang bisa bermanfaat bagi pembangunan daerah kedepan.