Dinsos Kota Kupang Luncurkan Bantuan CBP Bagi Korban Bencana

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Kupang meluncurkan penyaluran bantuan Candangan Beras Pemerintah (CBP) untuk penanganan korban bencana alam kekurangan pangan bagi warga Kota Kupang.

Kegiatan peluncuran berlangsung, Jumat (6/7/2018) di Kantor Lurah Oebufu tersebut dilakukan oleh Kepala Dinas Sosial Kota Kupang, Feliksberto Amaral dengan didampingi Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kota Kupang Robert Rihi Kana.

Kepala Dinas Sosial Kota Kupang, Feliksberto Amaral dalam sambutan pada kegiatan tersebut mengatakan, CBP ini dapat digunakan berdasarkan Permensos No.20 tahun 2012, untuk penanggulangan bencana baik bencana alam, sosial dan bencana kekerigan.

“CBP ini dulunya pemerintah pusat langsung mengalokasikan ke dinas sosial masing-masing yang ditampung pada gudang yang ada di dinas sosial. Tapi dengan terbitnya Permensos tersebut tidak lagi dititipkan di dinas sosial, tapi di titipkan di Bulog,” jelasnya.

Dan tambahnya, CBP dapat dikeluarkan manakalah ada bencana, maka kepala daerah dapat mengeluarkan penyataan berdasarkan Permemsos tersebut dinas meminta beras tersebut guna disalurkan untuk menanggulangi keadaan darurat bencana.

“CBP yang tadi kami salurkan untuk penanganan korban bencana alam kekurangan pangan bagi warga Kota Kupang sebanyak 205 KK dengan jumlah jiwa sebanyak 781 jiwa dari 14 kelurahan, dan jumlah beras 4 ton lebih,” katanya.

Ia berharap, CBP ini dapat digunakan secara baik oleh penerima, karena CBP yang disalurkan merupakan bantuan sosial untuk penanganan korban bencana alam kekurangan pangan bagi warga Kota Kupang.

Sementara itu melalui laporan panitia, Kabid Pelindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial mengatakan, kekurangan pangan warga merupakan salah satu jenis bencana alam yang korbannya perlu mendapatkan perhatian dan bantuan dari pemerintah, antara lain bantuan berupa CBP, guna meringan beban korban bencana.