Victory-Joss Unggul Hitung Cepat

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Hitung cepat yang dilakukan lembaga survei Indo Survey & Strategy menempatkan pasangan calon nomor urut empat Viktor Bungtilu Laiskodat -Josef Naesoi (Victory- Joss) yang diusung Partai NasDem, Golkar dan Hanura unggul dengan 37,24 persen.

Koordinator Indo Survey & Strategy, Triswanto Nuradmojo sampaikan ini kepada wartawan di Kupang, Rabu (27/6/2018).

Nuradmojo mengatakan, metode yang dipakai dalam hitung cepat ini adalah sampling atau acak. Jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang jadi sampel sebanyak 347 dari total 9.671 TPS dari seluruh kabupaten/kota.

“TPS yang diamati adalah semua kabupaten/kota tapi prngambilan secara acak,” kata Nuradmojo.

Dia menyampaikan, dari 347 TPS yang dijadikan sampel, data yang masuk hingga pukul 17.10 Wita sebanyak 80 persen. Margin of error kurang lebih satu persen dengan tingkat partisipasi pemilih sebanyak 73,18 persen dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) 3.172.562 pemilih.

Nuradmojo mengatakan, dari data yang ada, pasangan Victory Jos unggul dengan 37,24 persen. Disusul pasangan Marianus Sae- Emi Nomleni 24,85 persen. Nomor urut tiga ditempati pasangan Esthon Foenay- Chris Rotok dengan 19,30 persen. Sementara nomor buntut ditempati pasangan Benny Harman- Benny Litelnoni dengan 19,19 persen.

“Dengan hasil yang ada, kami pastikan pasangan Victory- Jos menang pilgub NTT,” tandas Nuradmojo.

Dia menyatakan, secara akumulasi pasangan Victory- Jos menang mutlak di Pulau Timor, Sabu Raijua dan Rote Ndao, serta di pulau Sumba. Sedangkan pasangan Marianus- Emi menang di pulau Flores dan Lembata.