Tim Esthon-Chris Sebar 48.360 Saksi TPS Pilgub

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Tim Pemenangan Pasangan Calon Gubernur dan wakil Gubernur NTT, Esthon Foenay-Chris Rotok menyiapkan 48.360 orang saksi untuk mengamankan pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak pada Rabu 27 Juni 2018.

“Sebanyak 48.360 orang saksi itu sudah disiapkan dan segera digeser ke setiap tempat pemungutan suara yang tersebar di seluruh wilayah ini,” kata Calon Gubernur Esthon Foenay di Kupang, Senin (25/6/2018).

Dia mengatakan, sebanyak 48.360 orang saksi itu akan menjaga proses pemungutan dan penghitungan suara pemilihan gubernur di 9.672 tempat pemungutan suara (TPS) yang ada. Dari jumlah itu kata Esthon, ada sebanyak 19.344 orang saksi akan direkomendasi sebagai saksi langsung yang akan berada di dalam TPS.

“Karena sesuai aturan setiap pasangan calon hanya boleh menyertakan dua orang saksi maka untuk saksi dalam TPS tim sediakan 19.344 orang,” kata Wakil Gubernur NTT Periode 2008-2013 itu. Sementara untuk 29.016 orang disiapkan untuk menjadi saksi di luar TPS. “Jadi meskipun di dalam TPS hanya dua orang tapi di luar TPS tim sudah sediakan masing-masing 3 orang,” kata Esthon.

Esthon menyatakan, tim pemenangan menyiapkan saksi sebanyak itu untuk memastikan pelaksanaan pemungutan suara dan penghitungannya berjalan aman dan tanpa permainan yang bisa merugikan pasangan Esthon-Chris.

“Kami sangat percaya para penyelenggara di lapangan namun kami butuh saksi di setiap TPS untuk mengawal aksi pungut hitung di lapangan,” katanya.

Esthon mengaku, yakin akan bisa menjadi pemenang di kontestasi lima tahunan itu karena sudah bekerja sangat lama. “Kami sudah bekerja sekian lama dan sudah bertemu masyarakat dari kampung ke kampung. Kami tinggal menunggu keputusan masyarakat di hari pencoblosan nanti,” katanya.

Sebagai orang beriman Esthon-Chris percaya bahwa menjadi pemenang di pelaksanaan pilkada serentak ini juga adalah karena campur tangan Tuhan Yang Maha Kuasa. “Kita dan tim berkewajiban bekerja dan berdoa. Keputusan ada di tangan Tuhan,” katanya.

Pasangan Esthon-Chris adalah salah satu pasangan calon yang ikut dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur serentak pada 27 Juni mendatang. Adapun pasangan lainnya, Marianus Sae-Emiliana Nomleni, Beny K Harman-Beny Litelnoni dan Pasangan Victor Bungtilu Laiskodat-Josef Naesoi.

Dalam pemilihan tesebut, KPU NTT telah menetapkan jumlah pemilih berjumlah 3.186.278 orang dengan jumlah pemilih perempuan 1.624.555 orang dan pemilih laki-laki berjumlah 1.561.723 orang. Sedangkan untuk jumlah pemilih difabel berjumlah 11.257 pemilih.