Ditpolair Polda NTT Optimalkan Sambang Nusa dan Polmas

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Direktorat Polisi Air (Ditpolair) Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur (NTT) terus mengoptimalkan beberapa program unggulan, diantaranya Sambang Nusa dan Polisi Masyarakat (Polmas).

Kasubdit Gakkum, AKBP Wahyudi sampaikan ini kepada wartawan di Mako Ditpolair Polda NTT di Bolok, Sabtu (23/6/2018).

Menurut Wahyudi, diintensifkannya program-program tersebut dengan tujuan mengajak partisipasi masyarakat untuk bersama-sama mencegah tindak pidana di wilayah perairan, seperti ilegal fishing yang kerap terjadi di wilayah provinsi berbasis kepulauan itu.

Untuk program Sambang Nusa belum lama ini dilaksanakan di Pulau Semau dan Pulau Kera di wilayah Kabupaten Kupang, termasuk di beberapa lokasi pesisir di daratan Timor.

“Kita juga laksanakan program Polmas di desa-desa nelayan dan pesisir untuk kegiatan mencegah terjadinya ilegal fishing. Ada dua kali setiap bulannya dan satu kali kegiatan quick win yang kita laksanakan di Pulau Semau belum lama ini,” kata Wahyudi.

Dalam pelaksanaannya, Wahyudi mengaku, pihaknya tidak mendapat kendala yang berarti. Selain itu, lanjutnya, masyarakat sangat antusias dengan kegiatan tersebut, karena selain materi yang disampaikan, pihaknya juga memberikan bantuan berupa sarana olahraga dan spanduk maupun foto-foto Pancasila.

“Ini dilakukan untuk menumbuhkan semangat nasionalisme, cinta Pancasila dan tanah air Indonesia kepada masyarakat. Kita lakukan kemarin bertepatan dengan peringatan hari lahir Pancasila pada 1 Juni,” ungkapnya.