Anggota TNI Diminta Bersikap Netral Dalam Pilgub NTT

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Pelaksanaan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur NTT akan digelar pada hari Selasa 27 Juni 2018 lusa mendatang.

Terkait hal itu kepada anggota TNI yang bertugas di wilayah Kabupaten Belu dan Malaka, Timor Barat perbatasan RI-RDTL diminta untuk bersikap netral dalam Pilkada NTT.

Demikian Dandim 1605/Belu, Letkol Czi I Gusti Putu Dwika saat dihubungi media di Makodim Belu, Senin (25/6).

Menurut Putu, sesuai arahan Danrem 161/Wirasakti untuk seluruh anggota TNI diminta agar bersikap netralitas dalam Pilgub NTT dan tidak terlibat politik praktis.

Selain itu juga ditekankan agar anggota TNI tidak memihak salah satu pasangan calon ataupun mengarahkan pemilih, partai atau ormas untuk memilih salah satu paslon.

Labih lanjut jelas Putu, Danrem mengajak seluruh masyarakat NTT termasuk di daerah perbatasan Belu dan Malaka agar tidak mudah percaya atau terprofokasi dengan berita-berita yang belum tentu jelas sumbernya atau berita hoax.

“Danrem menghimbau agar seluruh masyarakat mengggunakan hak pilihnya dan tidak golput,” ujar Putu.

Tambah dia, sebagai anggota TNI siap untuk melaksanakan perbantuan kepada Polri selama pelaksanaan Pilkada NTT di wilayah Belu dan Malaka. TNI tidak berpihak pada salah satu paslon dan tidak terlibat pada politik praktis.

Hal itu lanjut Putu penting bagi seluruh anggota agar menghindari tindakan yang merugikan diri pribadi, keluarga serta menurunkan citra TNI di masyarakat.

“Anggota TNI tetap berpegang pada pedoman netralitas TNI. Tetap menjaga soliditas TNI dalam menjaga keutuhan NKRI. Kita harapkan pesta demokrasi Pilgub NTT berjalan aman, lancar dan damai,” pungkas dia.