Banyak Pemilih Di Kecamatan Oebobo Tidak Kebagian C6

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Banyak suara calon pemilih kaum ibu dalam memilih calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTT 27 Juni 2018 terancam hilang. Pasalnya, banyak kaum ibu di Kecamatan Oebobo Kota Kupang yang tidak mendapatkan surat C6.

Hal ini terungkap saat sosialisasi pengawasan Pemilu tingkat Provinsi pada Pilgub dan Wagub NTT 2018 yang diselenggarakan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) NTT, Sabtu (23/6/2018).

“Banyak suara khusus kaum ibu hilang. Ditempat saya, dibelakang gereja Pniel Oebobo banyak ibu-ibu yang tidak mendapat C6,” kata Wilibrodus Olin utusan dari Kesbangpol NTT saat kegiatan sosialisasi di Swiss Bellin Kristal Hotel.

Willibrodus juga mengungkapkan, di Kota Kupang banyak surat suara siluman sehingga perlu kegiatan ekstra dari Bawaslu NTT dalam menyikapi hal ini.

Jemris Fointuna selaku koordinator devisi PHL pada lembaga Bawaslu NTT mengaku informasi mengenai sejumlah kaum Ibu di wilayah Oebobo yang hingga saat ini belum mendapatkan C6 merupakan informasi baru bagi Bawaslu dan akan ditelusuri lebih lanjut.

Sedangkan pernyataan Willibrodus mengenai banyaknya surat suara siluman di Kota Kupang, Jemris meminta Willibrodus untuk memberikan data yang valid sehingga Bawaslu dan perangkat-perangkatnya dapat melakukan cross cek lebih lanjut.

“Makasih untuk infonya. Pembagian C6 itu sesuai aturan dilakukan tanggal 12-23 Juni tapi kalau ada yang sampai hari ini belum dapat C6, ini informasi buat kami. Mengenai surat suara siluman, tolong data yang valid agar kami bisa cross cek. Surat suara siluman seperti apa,” kata Jemris.

Jemris menjelaskan, surat suara yang sah harus ada tanda khusus dan tanda tangan KPPS. “Kita bisa bedakan surat suara sah dan palsu karena ada tanda khusus,” terang Jemris.

Kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan Bawaslu NTT ini dilakukan sehari dan diikuti kurang lebih 75 orang yang merupakan perwakilan dari Pemerintah, organisasi kepemudaan, LSM, pasangan calon dan insan pers.