Taman Kota Eks Teluk Kupang, Akan Ada Terowongan Penghubung

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Pemerintah Kota Segera membangun Taman Kota Kupang di Kelurahan Kelapa Lima eks Restoran Teluk Kupang. dengan Pagu Anggaran sebesar Rp.2 miliar. Pembangunan taman itu nantinya akan terkoneksi dengan lahan Kosong yang milik Pemkot di depan Restoran Teluk Kupang yang juga akan dijadikan taman. Untuk itu pemerintah Kota Kupang berencana membangun terowongan penghubung yang membelah jalan Timor Raya.

Sekertaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kupang, Devi Loak kepada wartawan mengatakan, sebenarnya pemerintah mempunyai dua pilihan alternatif untuk membangun jalan penghubung menuju ke pantai eks restoran Teluk Kupang, dan lahan disebelahnya. Alternatif pertama adalah membangun jembatan penyebrangan yang didesain dengan ketinggian tertentu untuk dimanfaatkan bagi warga yang ingin ke pantai. Desain kedua adalah membuat terowongan dari bawah jalan untuk ke pantai. Dari kedua pilihan itu, pihak dinas PUPR akhirnya memilih membuat terowongan dari bawah jalan.

Namun dari kedua pilihan itu, Kata Devi, pemerintah akhirnya memilih membuat terowongan sebagai jalur penghubung ke pantai.

“Belajar dari jembatan penyeberangan di depan Universitas Katolik Widya Mandira yang mubasir dan tidak dimanfaatkan oleh masyarakat, kami akhirnya memilih membuat jalur terowongan dibawahnya,”Katanya.

Devi meyakini, masyarkat lebih antusias memanfaatkan jalur lewat bawah tanah untuk ke pantai, ketimbang harus menaiki berpuluh-puluh anak tangga untuk sampai ke pantai.

Menurutnya, proyek pekerjaan taman Kota di lokasi eks restoran Teluk Kupamg paling lambat mulai dilaksanakan pada hulan Juli nanti. Proyek pekerjaan taman kota akan dilakukan bersamaan dengan proyek pekerjaan taman kota segmen V di Bundaran Tirosa,