Pesan Perdamaian Tokoh Lintas Agama Di Buka Puasa Bersama Polres Belu

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Kepolisian Resor (Polres) Belu menyelengarakan silaturahmi dan buka puasa bersama Tokoh Lintas Agama, Forkopimda dan TNI-Polri bersama masyarakat Kabupaten Belu-Malaka, Selasa (5/6/2018) sore.

Sesuai pantauan Media, acara yang berlangsung di halaman Mapolres Belu, Timor Barat wilayah perbatasan Indonesia dan Timor Leste acara dihadiri Tokoh lintas agama, Pimpinan Forkopimda Belu, Para Perwira dan anggota Polres serta umat Muslim dan non Muslim Belu-Malaka.

Adapun pesan Rohani perdamaian buka puasa bersama yang diwakili tokoh Agama Katolik Romo Deken Malaka, Romo Mundus Sako Pr meminta agar seluruh umat menjaga toleransi agama di Belu dan Malaka yang selama ini terjalin dengan baik.

“Saya harapkan agar kita semua tetap menjaga kerukunan, keragaman satu terhadap yang lain di Belu dan Malaka,” pesan Romo Mundus.

Dihimbaukan juga agar, kita seluruh umat mari bahu-membahu menjaga keutuhan negara kita, yang terdiri dari berbagai perbedaan agama, suku dan ras agar kita dilindungi Tuhan yang kuasa.

“Apa yang djalani kita umat insan mendatangkan kerukunan dan kersamaan kita yang indah ini mendapat karya-karya bagi bangsa dan kerukunan agama di daerah perbatasan ini,” kata Romo Mundus.

Sementara itu pesan Kamtimbas yang diwakili Kajari Belu, Rivo Madellu mengatakan, memperingati nuansa bulan suci ramadhan ini kiranya kita dapat menjaga ketertiban di wilayah Belu dan Malaka.

“Saling menghormati, menghargai satu sama lain. Menjaga kerukunan yang ada di Belu dan Malaka sehingga tetap terjaga kondusif tidak terjadi hal- hal yang tidak kita ingingan. Apalagi jelang Pilkada NTT akan datang sehingga bisa berjalan aman dan lancar,” pinta Madellu.

Terpisah Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing usai kegiatan mengatakan, acara silaturahmi sekaligus buka puasa bersama dengan tokoh lintas agama hari ini merupakan momentum dalam rangka ibadah puasa bagi agama Muslim yang hampir memasuki hari raya lebaran.

“Kegiatan kita lakukan dalam rangka keamanan dan kenyamanan lintas agama agar saling menjaga,” ujar dia.

Lanjut dia, selain situasi kamtibmas liburan Idul Fitri diharapkan juga situasi Pilkada NTT yang akan datang dapat berjalan kondusif.

“Dari Forkopimda, tokoh agama Belu dan Malaka sudah nyatakan persepsi tetap menjaga situasi di Belu dan Malaka sehingga berjalan aman dan lancar,” pungkas Tobing.