Sat Pol PP Sumba Timur Gelar Kegiatan Peningkatan Kapasitas Anggota Satgas

Bagikan Artikel ini

Laporan Mohammad Habibudin
Waingapu, NTTOnlinenow.com, Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sumba Timur NTT melalui panitia pelaksana kegiatan peningkatan kapasitas bagi anggota Satuan Tugas (Satgas) menyelenggarakan pembinaan Trantibum dan Pengamanan Bencana selama dua hari sejak 4-5 Juni 2018 bertempat Hotel Cendana Waingapu.

Untuk mewadahi peran aktif partisipasi masyarakat khususnya dalam melindungi masyarakat Pemerintah Kabupaten Sumba Timur telah memfasilitasi pembentukan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di seluruh Desa/Kelurahan sebanyak 2.080 orang.

“Namun saat ini peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 100 orang yang diambil dari anggota Satlinmas/ Kasatgas atau Danru untuk mengikuti peningkatan pembinaan Trantibum dan Penanggulangan Bencana,”kata Kepala Sat Pol PP Kabupaten Sumba Timur Johanes Pama dalam sambutannya yang dibacakan Ketua panitia pelaksana Serly A. Dondu, Sp.

Ia menjelaskan, aktivitas perlindungan masyarakat (Linmas) memiliki tujuan untuk meningkatkan ketenteraman ketertiban masyarakat oleh sebab itu penyelenggaraan kegiatan peningkatan kapasitas bagi anggota Satlinmas merupakan momen yang paling tepat untuk merefleksi kembali sejauh mana upaya dalam meningkatkan kapasitas Linmas.

“Jadi keberadaan Linmas memiliki peran strategi yang tidak hanya berorientasi menjaga Kamtibmas namun juga Garda terdepan dalam memberikan bantuan keselamatan jika terjadi bencana,”tandas Serly.

Sementara Bupati Sumba Timur, Gidion Mbilijora melalui Asisten I, Domu Warandoi menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan Sat Pol PP adalah upaya bersama dalam membantu Pemerintah memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban umum serta kegiatan sosial kemasyarakatan.

“Pelatihan ini diharapkan menjadi acuan bagi anggota Satlinmas untuk menciptakan rasa aman, nyaman dan tentram terutama dilingkungan masyarakat,”ungkap Warandoi.

Lanjut dia, saya secara pribadi dan Pemerintah menyampaikan terima kasih kepada semua anggota Linmas peduli terhadap tugas dan fungsi, manfaatkan waktu dan kesempatan ini sebaik mungkin sehingga menjadi bekal yang sangat penting dalam melaksanakan tugas bersama masyarakat.