Danramil 1601-01 Bekali Pramuka Siswa SMA Negeri 1 Lewa

Bagikan Artikel ini

Laporan Mohammad Habibudin
Waingapu, NTTOnlinenow.com – Komandan Rayon Militer (Danramil) 1601-01 Kabupaten Sumba Timur, Kapten Inf. Sambudi memberikan pembekalan terhadap Pramuka siswa SMA Negeri 1 Kecamatan Lewa, Kabupaten Sumba Timur.

Pembekalan tersebut dalam rangka perkemahan Sabtu Minggu (Persami) oleh anggota Pramuka siswa SMA Negeri 1 Lewa dengan materi “Bela Negara dan Cinta Tanah Air” yang diikuti sebanyak kurang lebih 200 orang, Sabtu (2/6/2018).

Kapten Inf. Sambudi dalam penyampaian materinya mengatakan, bela negara adalah tekad, sikap dan perilaku warga negara yang dilakukan secara teratur dan menyeluruh serta terpadu dan dijiwai oleh kecintaan NKRI berdasarkan UUD 1945.

“Tentunya dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara dan syarat-syarat tentang pembelaan diatur dengan undang-undang itu,”jelasnya.

Menurut Kapten Sambudi, hakikat bela negara adalah kesediaan berbakti pada negara dan kesediaan berkorban untuk membela negara, seperti spectrum bela negara itu sangat luas, dari yang paling halus sampai yang paling keras.

Ia mengungkapkan, tujuan dari kegiatan pembekalan adalah untuk membekali dan menanamkan generasi penerus bangsa tentang perlunya bela negara dan cinta tanah air sehingga sedini mungkin dapat menumbuhkan jiwa patriotisme pada generasi penerus.

“Jadi mulai dari sekarang kita tanamkan jiwa patriotisme pada generasi penerus bangsa sehingga tidak mudah disusupi oleh paham-paham radikalisme, kita wujudkan bangsa Indonesia yang aman bebas dari ancaman baik dari dalam maupun dari luar bangsa Indonesia,”tandasnya.