Kunjungi Pasar Di Sumba, Mama Emi Kenalkan Program Ekonomi Berdaya

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Tambolaka, NTTOnlinenow.com – Usai diterima ribuan warga Kabupaten Sumba Barat, Cawagub NTT Emelia Julia Nomleni mengunjungi para penjual di Pasar Waimangura, Kecamatan Wewewa Barat, Sumba Barat Daya (SBD), Kamis (31/5/2018).

Yosua Wunga (28), seorang penjual di Pasar Waimangura mengaku senang karena sosok yang selalu disanjungi itu menyempatkan diri menjumpai mereka. “Saya sudah lama mendengar namanya. Pasangannya Pak Marianus Sae,” ujar Yosua.

Rasa senang dari Yosua itu bukan tanpa alasan. Selama ini, kata dia, belum ada satupun cagub atau cawagub NTT yang menyempatkan diri mengunjungi Pasar Waimangura.

Di pasar itu, Mama Emi, sapaan Emelia, membeli hasil-hasil tani para penjual. Dia membeli tidak hanya di satu tempat. Setelah menanyakan harga sesisir pisang dan membelinya dari seorang penjual, perempuan berambut putih itu beralih ke penjual lainnya dan membeli makanan ringan.

Yosua melihat tingkah politikus PDIP itu dari jarak yang cukup jauh. Penjual 28 tahun itu tersenyum, memamerkan bibirnya yang merah akibat sirih pinang yang dimakannya.

“Saya seorang pendukungnya. Saya memilihnya nanti,” kata Yosua.

Yosua berjualan di pasar itu sudah lama. Selain ikan kering, dia menjual pisang, lombok, dan sayur-sayuran. Terkait harga-harga barang di pasar ini, dia mengaku sudah lumayan bagus. Tapi kehidupan masyarakat Sumba Barat Daya pada umumnya, belum terlalu maju.

Dia berharap, jika terpilih nanti, Mama Emi bisa memerhatikan daerah mereka. Tidak hanya memerhatikan para penjual seperti dirinya. “Saya berharap jika terpilih nanti, dia bisa majukan daerah kami ini,” harapnya.

Kunjungan Mama Emi di pasar ini menjadi bukti dukungannya terhadap penjual-penjual di pasar. Dukungan itupun sering dituturkan politikus PDIP itu sewaktu melakukan dialog politik dengan warga NTT.

“Kami memiliki program ekonomi berdaya. Petani-petani yang memiliki hasil kebun, harus bisa memasarkannya, tentu dengan jalur distribusi yang harus diatur secara baik oleh pemerintah. Kami akan terus berdayakan para petani dan penjual, agar mereka bisa menghidupi diri dan keluarga mereka dengan apa yang mereka hasilkan,” kata Mama Emi kepada warga Sumba Barat Daya sebelum dirinya mengunjungi pasar itu.