Jaksa Terima Hasil Perhitungan Kerugian Dana Desa Baudaok Dari Inspektorat

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Tim penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Belu menerima berkas hasil kerugian negara dana Desa Baudaok, Kecamatan Lasiolat yang dilimpahkan Dinas Inspektorat Belu usai melakukan pemeriksaan.

Pemeriksaan terkait dengan dugaan penyimpangan pengelolaan keuangan desa Tahun Anggaran 2015, 2016 hingga 2017 lalu.

Demikian Kajari Belu, Rivo Medelu, melalui Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Belu Kejari, Dany Agusta Salmun, Kamis (24/5/2018).

Menurut dia, berkas hasil perhitungan kerugian negara dana Desa Baudaok telah diterima dari tim Pemeriksa Inspektorat Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan Indonesia dan Timor sejak hari Jumat tanggal 18 Mei pekan lalu.

Dijelaskan, laporan tersebut menunjukkan adanya dugaan penyimpangan keuangan Desa Baudaok yang menyebabkan kerugian negara mencapai kurang lebih Rp 1 miliar.

Selanjut jelas Dany, tim penyidik Kejaksaan segera melanjutkan penyelidikan terhadap pihak-pihak yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan desa, dihubungkan dengan temuan Inspektorat Kabupaten Belu.

“Di mana Inspektorat Kabupaten Belu sudah menemukan secara rinci tentang adanya kerugian negara yang ditimbulkan,” urai Dany.

Penyebabnya jelas Dany lantaran adanya penggunaan keuangan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan, tanpa didukung dengan bukti yang sah, serta adanya pajak yang sudah di pungut tetapi tidak disetor dan pajak yang tidak di pungut sama sekali.

“Untuk saat ini, kami masih meminta keterangan atau pendapat ahli dari Inspektorat yang telah di tunjuk oleh Inspektur Inspektorat Kabupaten Belu. Kita minta keterangan terkait hasil perhitungan kerugian yang disampaikan dalam laporan yang kemudian diperjelas,” ujar dia.

Lanjut Dany, hal terpenting saat ini, tim Penyidik Kejari Belu telah mengantongi bukti permulaan yang cukup, untuk selanjutnya akan melakukan pendalaman penyelidikan sebelum menentukan siapa pihak yang bertanggungjawab dan siapa tersangka kasus tersebut.