Terikat Persaudaraan Adat, Warga di Tiga Wilayah ini Dukung Mama Emi

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Soe, NTTOnlinenow.com – Cawagub NTT Emelia Julia Nomleni melakukan safari politik ke kabupaten kelahirannya, Timor Tengah Selatan (TTS), Rabu (23/5/2018). Mama Emi, sapaan Emelia, bersama rombongan menyusuri wilayah Molo dan singgah di Desa Salbait, Kecamatan Molo Barat untuk berdialog dengan warga.

Frederik Mella, tokoh adat di Desa Salbait mengatakan, masyarakat di Kecamatan Amanatun, Amanuban, sampai Molo hanya akan mendukung Mama Emi.

“Kami di Amanatun, Amanuban, dan Molo hanya akan mendukung Mama Emi dalam pilkada ini. Ini tidak bisa kami ingkari, karena persaudaraan yang dibangun antara wilayah-wilayah ini sudah digariskan secara turun-temurun,” kata Frederik di hadapan Mama Emi.

Frederik menuturkan, persaudaraan yang telah terbangun turun-temurun ini terus dilaksanakan sampai sekarang. Salah satunya, jika seorang dari Amanatun, misalnya, mengikuti sebuah kontestasi politik, maka orang-orang dari Amanuban dan Molo harus mendukungnya.

“Dari dulu kami tetap bersatu. Dan kami sangat bersyukur karena saat ini, ada seorang putri kami, perempuan hebat kami, mengikuti pilkada ini. Kami hanya akan memilih dia,” tegasnya.

Warga tampak bahagia dan bangga menyambut kedatangan cawagub pasangan Marianus Sae itu. Kebahagiaan yang muncul karena seorang putri mereka mengikuti kontestasi politik skala provinsi.

Walau begitu, kebahagiaan mereka ini membaur dengan harapan. Ada keinginan akan perbaikan jalan, pengadaan PLN, juga penyediaan air bersih di desa mereka.

Warga di Desa Salbait hingga kini belum menikmati aliran listrik dari PLN. Penerangan di malam hari mengandalkan listrik tenaga matahari yang kapasitasnya dirasakan kurang. Demikian juga jalan-jalan yang menyambungkan Desa Salbait dengan desa dan wilayah sekitarnya, kondisinya sangat parah.

“Kami harap agar Mama Emi bisa perhatikan kami jika telah terpilih nanti,”ungkap Frederik.