Cuaca Mulai Membaik, KSOP Waingapu Buka Kembali Aktivitas Palayaran

Bagikan Artikel ini

Laporan Mohammad Habibudin
Waingapu, NTTOnlinenow.com, Setelah beberapa minggu pelayaran dari ke Waingapu mengalami gangguan akibat cuaca buruk, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Waingapu, Kabupaten Sumba Timur NTT membuka kembali aktivitas pelayaran.

Kepala KSOP kelas V Waingapu Rosihan Gamtji kepada NTTOnlinenow.com Selasa (22/5/2018) mengatakan, pelayaran pelabuhan Waingapu khususnya untuk lintasan penyeberangan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) kembali dibuka karna cuaca mulai membaik.

“Selama beberapa minggu ini cuaca buruk sehingga kami tidak mengijinkan kapal yang bobot kecil untuk berlayar karna gelombang cukup tinggi diperairan NTT,”kata Rosihan.

Menurutnya, aktivitas pelayaran yang dibuka kembali tetap diberlakukan sistem buka tutup jika nanti cuaca kembali memburuk pihaknya tidak akan mengijinkan untuk berlayar demi keselamatan pelayaran dan penumpang.

Rosihan menambahkan, selama cuaca memburuk kapal yang diijinkan untuk berlayar hanya kapal yang bobot besar seperti kapal milik PT Pelni namun dengan kondisi cuaca buruk beberapa waktu lalu kapal milik Pelnipun mengalami keterlambatan tiba di Waingapu.

“Kami tidak bisa mengijinkan kapal yang bobot kecil untuk berlayar karna gelombang cukup tinggi, kecuali kapal yang bobot besar seperti KM Awu dan KM Willis, tapi itupun dihantam gelombang tibanya di Waingapu mengalami keterlambatan,” jelasnya.

Lanjut Rosihan, untuk sementara cuaca diperkirakan mulai membaik, pihak KSOP Waingapu kembali mengijinkan kepada pihak perusahan pelayaran dan PT ASDP untuk melayari kembali pelabuhan tujuan dari dan ke Waingapu.

“Jadi dengan dibukanya kembali lintasan penyeberangan dari dan ke Waingapu pihak PT ASDP Waigapu akan mendatangkan Ferry KMP Ranaka dengan rute Kupang-Aimere-Waingapu PP pada Selasa (22/5/2018).