Turnamen Piala Kontas Cup Di Batas Silawan-Timor Leste

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Bupati Belu, Willybrodus Lay resmi membuka turnamen Klibur Oan Tulakadi Silawan (Kontas) Cup di lapangan Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Kamis (17/5/2018).

Turnamen perdana Kontas Cup yang digelar Desa Tulakadi dan Silawan diikuti sebanyak 16 tim sepak bola yang berada di wilayah Timor Barat perbatasan RI dengan Timor Leste itu.

Adapun keenam belas tim itu diantaranya, Dalaus FC, Igor FC, Afatar FC, Kontas United, Garuda FC, Kenebibi FC, Husada FC, Kontas Junior, Polmas FC, Persadi FC, Geometri FC, Kontas PLBN, Mabers FC, Bank NTT, Udayana dan Kontas.

Menurut Bupati Lay, turnamen Kontas cup ini merupakan even yang sangat bagus di daerah perbatas. Selain memacu serta meningkatkan olahraga di bidang sepak bola juga semakin mempererat tali persaudaraan.

“Proficiat untuk Desa Silawan dan Tulakadi yang hebat bisa menghelarkan turnamen perbatasan ini,” ujar dia.

Dikatakan, turnamen ini satu hal yang luar biasa terjadi di desa perbatasan dengan sumber dana dari masyarakat. Kalau bisa even ini bisa jadi even tahunan dan bisa lakukan di setiap tahun dalam bulan Mei.

Kepada Desa Silawan dan Tulakai Lay meminta, kalau bisa kedepan even ini bisa melibatkan juga tim dari Batugede, Timor Leste, sehingga lebih mempererat tali persaudaraan warga di tapal batas.

“Pemerintah memberikan apresiasi kepada dua desa Tulakadi dan Silawan. Saya harapkan tahun depan even Kontas Cup ini bisa hadirkan dua atau empat tim dari Timor Leste,” kata dia.

Kepada semua peserta, Lay mengimbau agar bertanding dengan sportif juga kepada wasit, hakim garis bertindak sprottitas. Sehingga lewat silaturahmi momen turnamen ini mempererat tali persaudaraan.

“Wasit serta hakim jangan buat tercemar even ini. Inikan even pertama, kalau bisa ada even kontas kedua tahun depan dalam meningkatkan tali persaudaraan di tapal batas,” pinta Lay.

Ketua Panitia Kontas Cup, Kriastian Labi Susu dalam laporan mengatakan, kegiatan ini memacu kedua pemuda dua Desa dalam membantu pembangunan Pemerintah dari Desa. Kedua Desa mempunyai Pemerintahan sendiri-sendiri tetapi dilihat sebagai historis dua desa merupakan satu, satu adat, kekeluargaan, suku, budaya merupakan bagian yang tidak bisa dihindari.

“Karena itu dibentuk satu komunitas Kontas. Turnamen ini ingin memperkenalkan Kontas secara khusus ke dua Desa dan secara umum kepada seluruh masyarakat Belu dalam memupuk persatuan, persaudaraan dalam even,” ujar dia.

Lanjut Kades Tulakadi itu, tujuan turnamen sebagai ajang perkenalan Kontas dalam memperbutkan piala kontas. Selain itu juga meningkatkan mutu kulitas dalam bola kaki, memupuk jiwa sportifitas dan tali silaturahmi warga di perbatasan Belu.

Tim Udaya versus Kontas (tuan rumah) menjadi tim yang berlaga pada pembukaan turnamen Kontas Cup. Turnamen yang disponsori juga Bank NTT Cabang Atambua itu akan berlangsung hingga final 24 Juni akan datang.

Turut hadir dalam pembukaan turnamen itu, Camat Tastim, Danramil Wedomu, Danki Mota’ain Satgas Yonif 743/PSY, Kepala BNPP Mota’ain, Kapospol Mota’ain, pejabat mewakili Imigrasi, Ketua Askab Belu, Pimpinan Bank NTT Cabang Atambua, Kades Silawan, tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya.

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*