Pemilu Timor Leste, Pengamanan Di Perbatasan Ditingkatkan

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Pelaksanaan Pemilihan Umum Perdana Menteri dan Anggota Parlemen Timor Leste hari ini Sabtu (12/5/2018) pengamanan di wilayah perbatasan RI-RDTL khususnya Kabupaten Belu dan Malaka ditingkatkan.

Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing yang dihubungi awak media via telepon seluler, Sabtu (12/5/2018) mengatakan, sebagai bentuk dukungan Kepolisian terhadap pesta Demokrasi di Timor Leste yang digelar hari pihaknya meningkatkan pengamanan di perbatasan dalam wilayah Polres Belu.

Terkait hal itu, jelas Tobing sebanyak 300 lebih personel gabungan yang terdiri dari Polisi, Brimob dan TNI dikerahkan untuk mengamankan daerah perbatasan RI dan Timor Leste.

“Kita melaksanakan pengamanan di wilayah perbatasan dalam wilayah hukum Polres Belu. Pada prinsipnya kita mem-back up jika suatu waktu terjadi peningkatan ekskalasi masyarakat yang ada di Timor Leste” terang dia.

Lanjut Kapolres Tobing, pengamanan di wilayah perbatasan dilakukan mulai besok Sabtu 12 Mei 2018 hingga dua hari paskah pemilihan nanti.

Kepada masyarakat di wilayah perbatasan khususnya yang berada di sepanjang perbatasan untuk tetap menjaga agar situasi tetap aman dan kondusif.

“Walaupun disana ada pemilihan namun kita harapkan agar situasi tetap kondusif. Kita sama-sama mengamankan situasi di wilayah kita,” ujar dia.

Terpisah, Dandim 1605/Belu, Letkol Czi I Gusti Putu Dwika ketika dihubungi mengatakan, pihak Kodim Belu tetap memonitor pelaksanaan Pemilu di RDTL dengan tetap menyiagakan Koramil-Koramil diperbatasan.

“Hal itu untuk memonitor daerah tanggung jawab masing-masing di Koramil,” ucap Gusti.