Kerjasama Antara Pihak PDAM Kabupaten Kupang Dan Kota Kupang Sudah Berjalan

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Pasca penandatanganan perjanjian kerjasama antara pihak PDAM Tirta Lontar Lontar milik Pemerintah Kabupaten Kupang, dan PDAM Tirta Bening Lontar milik Pemerintah Kota Kupang terkait perluasan jaringan distribusi air di Kota Kupang oleh pihak PDAM Tirta Lontar Bening, PJS Direktur PDAM Tirta Bening Lontar, Romy Seran mengaku sudah ada langkah maju yang dihasilkan dari perjanjian kerjasama.

“Saat ini sudah perluasan jaringan dibeberapa wilayah yang selama ini belum terjamah jaringan PDAM,” kata Romy Seran.

Menurutnya, inti subatansi dari klausul perjanjian kerjasama, seperti perluasan jaringan, penambahan suplai air jaringan, dan perbaikan jaringan yang rusak. Untuk perluasan jaringan sudah dilakukan dibeberapa tempat seperti di Kelurahan Manulai, dan Alak yang selama ini belum terlayani jaringan. untuk perbaikan jaringan sudah dilakukan hampir disebagian besar Kota Kupang

Sementara menyangkut suplai air baku, Kata Romy, hingga saat ini belum ada suplai tambahan dari pihak PDAM Kabupaten Kupang.

“Sebenarnya suplai air tambahan sangat dibutuhkan, tapi belum teralisasi. Mungkin karena saat ini Direktur PDAM Kabupaten Kupang masih PLT sama seperti saya, sehingga segala keputusan strategis belum berani diambil oleh masing-masing pihak” kata Romy.

Ia mengaku, dalam klausul penandatanganan kerja sama, juga termuat klausul untuk dilakukan evaluasi pada setiap enam bulan. Untuk itu, pada bulan Juni nanti, kedua PDAM akan bertemu untuk melakukan evaluasi terkait apa yang sudah dikerjakan dan apa yang nanti akan dibuat.