Jelang Bulan Ramadhan Umat Muslim Di Belu Bersihkan Makam

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Memasuki bulan suci umat Islam ini disambut dengan beragam cara. Di Kabupaten Belu warga Muslim melakukan kerja bhakti dengan membersihkan makam menyambut Bulan Suci Ramadhan.

Kegiatan pembersihan, Jumat (11/5/2018) terpusat di pekuburan Muslim, Kelurahan Rinbesi, Kecamatan Atambua Selatan, Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste.

Adapun warga yang terlibat dalam kerja bhakti tersebut terdiri dari ormas Muslim seperti GP Ansor, Banser, Majelis Taklim, Takmir Masjid Sekab Belu, Remaja Masjid serta seluruh Umat Muslim di wilayah Kelurahan setempat.

Kegiatan kerja bhakti bersih-bersih makam Muslim itu juga melibatkan unsur instansi keamanan dari Koramil Kota, Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif 743/PSY serta Yonif Raidersus 744/SYB.

Menurut Ketua GP Ansor Belu, Zaefudin S, kegiatan kerja bhakti sosial membersihkan makam Muslim hari ini dalam rangka menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan.

Dijelaskan bahwa, kegiatan pembersihan makam untuk menjaga lingkungan pekuburan Muslim agar bersih dari rumput liar serta semak belukar. Sehingga pemakamannnya tetap bersih dan terawat.

Disamping itu juga tujuan dilaksanakan kerja bakti tersebut guna menciptakan kerukunan diantara umat muslim khususnya yang berada di perbatasan Belu.

Warga Muslim di Kelurahan tersebut sangat antusias dalam kegiatan membersihkan pekuburan yang terletak di pusat kota Atambua.