Mutasi Pejabat Eselon II Lingkup Pemkot Kupang Tahun 2019

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Wakil Walikota Kupang, Hermanus Man mengatakan, mutasi untuk pejabat eaelon II di lingkup Pemerintah Kota Kupang baru bisa dilaksanakan paling cepat tahun 2019. Pasalnya, ditahun 2018 ini banyak pejabat eselon II yang akan pensiun sehingga menunda mutasi hingga tahun depan.

“Tahun ini ada sekitar 7 pejabat eselon II yang aktif menjabat akan pensiun. Ketimbang buru-buru, lebih baik menunggu para pejabat yang ada pensiun baru mutasi dilakukan agar tidak berulang-ulang pengisian jabatan yang ditinggalkan,” katanya.

Herman Man mengaku, meskipun sesuai rencana mutasi baru dilakukan tahun 2019, mendatang, namun persiapan pengisian jabatan akan dilakukan pada bulan september atau oktober tahun 2018. Persiapan yang dimaksud adalah seleksi calon pejabat eselon II yang menempati jabatan Kepala Dinas, Maupun Kepala Badan.

“Jadi kami tidak asal tunjuk si A menjabat disini, dan si B menjabat disini. Pemerintah akan membuat tim seleksi untuk menyeleksi siapa saja yang memenuhi syarat menjabat sebagai pejabat eselon II, dan siapapun yang nantinya lolos seleksi mereka benar-benar teruji dan siap menjalankan tugas mereka,” kata Man.

Ketika disinggung soal mutasi pejabat eselon III dan IV, Man mengaku, akan dilakukan secepatnya. Menurutnya dalam mutasi pejabat eselon IV, khususnya para lurah, tidak pergantian yang cukup signifikan.

“Kalau lurah yang menjabat belum lebih dari dua tahun tidak akan diganti. Sementara lurah yang lain akan dirotasi, bahkan ada yang dipromosi. Intinya tidak ada nonjob untuk semua pejabat yang saat tengah menjabat. Kami rotasi dan promosi,” katanya.