Bupati Lay Ceramahi OPD Tanpa Inovasi

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Sejumlah Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Belu ‘dicecar’ Bupati Belu Willybrodus Lay lantaran tidak memiliki inovasi.

Beberapa OPD yang tidak memiliki inovasi diantaranya, Dinas Perikanan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Sosial, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Demikian beber Bupati Lay dalam kegiatan Penandatangan MoU dengan Kejari Belu terkait program Sapu Bersih Hasil Temuan, Senin(30/4/2018) di gedung Betelalenok, Timor Barat wilayah perbatasan Indonesia dan Timor Leste.

Selain itu lanjut Lay, Kecamatan Kakuluk Mesak serta juga tidak memiliki inovasi dan diyakini semua Kecamatan tanpa dirinci yang tidak melakukan inovasi.

Hingga akhir April 2018, ada sejumlah OPD yang belum melakukan inovasi padahal dirinya sudah mewajibkan setiap pimpinan OPD untuk melakukan inovasi paskah dirinya melakukan rotasi jabatan pada 24 Januari 2018 lalu.

Dikatakan, inovasi yang dimaksudkan adalah suatu perubahan kecil yang harus dibuat untuk perubahan pelayanan kepada masyarakat demi tercapainya kesejahteraan.

“Sebagian pimpinan OPD yang nol inovasi alias tidak melakukan inovasi. Ada yang sudah melakukan inovasi, tapi sengaja tidak mau kasih masuk dan ada OPD yang memang betul-betul tidak melakukan inovasi sama sekali” ujar dia.

Saking geram, Bupati Lay pun tak tanggung-tanggung meminta pimpinan OPD yang nol persen atau yang mewakili untuk berdiri di hadapan peserta lain sehingga bisa diketahui.

Belum lama ini, jelas Lay Pemda Belu mendapat kunjungan dari Laboratorium Inovasi Nasional(LAN) dan setiap OPD diminta untuk melakukan inovasi perbatasan. Namun demikian, akuinya, banyak pimpinan OPD yang belum melakukan inovasi.

“Saya minta agar dalam setiap OPD, Kadis membuat dua inovasi, sekretaris melakukan satu inovasi dan kepala bidang melakukan satu inovasi juga para Camat,” pinta Lay.