Walikota Ungkap Program Yang Akan Dilaksanakan Tahun 2018

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore sampaikan program peningkatan pelayanan kepada masyarakat yang telah dilaksanakan di tahun 2018, dalam masa kepemimpinanya bersama Wakil Walikota Kupang, Hermanus Man.

Oleh karena itu, Ia menghimbau kepada masyarakat untuk dapat berperan secara aktif bersama-sama pemerintah dalam menuntaskan berbagai program pembangunan, baik yang sedang maupun yang akan dilaksanakan di Kota Kupang.

Demikian diisampaikan Walikota Kupang, Jefri Riwu Kore dalam sambutanya saat bertindak sebagai inspektur upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kota Kupang ke-132 dan Hari Jadi ke-22 Kota Kupang sebagai daerah otonomi, Rabu (25/4/2018).

dikatakan tahun 2018 Pemerintah Kota Kupang telah banyak melakukan beberapa inovasi dan program dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat kemajuan Kota Kupang yakni, mewujudkan smart city di Kota Kupang bekerjasama dengan Bank NTT melalui pembayaran CSR untuk peningkatan pelayanan publik melalui aplikasi soda molek yang telah dilaunching pada tanggal 2 Maret 2018.

“Dengan apalikasi soda molek ini akan ditempati pada 17 kelurahan yang diharapkan dapat mewujudkan pelayanan adaministrasi kepada masyarakat secara cepat tepat. Direncanakan service box aplikasi soda molek akan ditempakan diseluruh kecamatan dan kelurahan se Kota Kupang pada tahun 2018,” katanya.

Program lain yang sudah dijalakan, katanya yakni program kunjungan “ketuk pintu” di Puskesmas/Pustu se Kota Kupang untuk meningkatkan kesedaran masyarakat tentang bahaya penyakit TBC dengan jumlah rumah yang telah diketuk sebesar 15.101 rumah.

“Di moment HUT ini kami melaunching program Kupang Smart City dengan tagline “Ayo Berubah Menuju Kupang Smart City” yang terdiri atas beberpa aplikasi dengan program diantaranya apalikasi pelayanan perijinan secara online, yang bertujuan sebagai sarana untuk mewujudkan pelayanan publik yang transparan, akuntabel dan lebih mudah dijangkau serta menghidari terjadinya praktik KKN dan pencaloan dalam proses perijinan melalui website “http://izin.kupangkota.go.id ” untuk pengurusan SITU, SIUP, TDP, NPWPD, Fiskal,Advis Plan dan IMB,” jelasnya.

Selain itu, tambah Jefri, ada pun program lain yang berkaitan dengan aplikasi yakni aplikasi promosi berbasis website Di kupang.com yang diperkenalkan ke dunia luas melalui Vlog. Dan aplikaai promosi berbasis Cliud Simaya yang diterapkan pada setiap OPD, serta aplikasi e-Dana PEM, untuk mempermudah laporan dan administrasi dana PEM.

“Di tahun ini ada juga kegiatan pelatihan komputer dan IT bagi anak anak dari keluarga kurang mampu, pemasangan wifi gratis pada area-are publik,”katanya.

Pada kesempatan tersebut, Jefri juga mengajak kepada semua jajaran Pemerintah Kota Kupang untuk meningkatkan kinerja, pengabdian dan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. “Bekerjalah dengan cermat dan sungguh-sungguh serta hindari tindakan KKN dalam melaksanakan setiap tugas yang diberikan sesuai dengan regulasi yang ada,” katanya.

Dan juga, tambahnya, di tahun 2018 merupakan tahun politik, dimana akan dilaksanakan pesta demokrasi yakni pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur.Untuk itu, tingkatkan persatuan dan kesatuan, serta jagalah stabilitas keamanan dan ketertiban di dalam masyarakat sebab kondusifnya kamtibmas, sangatlah diperlukan dalam menyukseskan agenda tersebut.

“Melalui agenda tersebut saya mengharapkan agar dapat hindari tindakan-tindakan anarkis, penyebaran isu tak bertanggungjawab, fitnah, adu domba yang bernuasa politik maupun yang bersinggungan dengan suku, agama, ras dan antar golongan (SARA) yang dapat memecah belahkan,” lanjutnya, memang dalam agenda ini akan diperhadapkan pada pilihan yang berbeda, namun perbedaan tersebut jangan sampai memicu konflik horisontal, tetaplah bersatu dan membawa perdamaian, karena hanya dalam suasana damai dan bersatu yang dapat membangun Kota Kupang yang dicintai bersama menjadi lebih baik.

“Diketahui bersama Kota Kupang adalah kota kasih yang merupakan tanah harapan, yang harus kita bangun dan kita jaga bersama secara arif dan bijaksana,” tutupnya.