KPU Kota Kupang Sosialisasi Pemilu Lewat Seni dan Budaya

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kupang menggelar sosialisasi menyongsong pemilihan umum (Pemilu) 2019 melalui pagelaran seni budaya. Acara yang digelar di Taman Nostalgia, bertepatan dengan momen peringatan Hari Kartini, Sabtu (21/4/2018).

Ketua KPU Kota Kupang, Marianus Minggo dalam sambutannya mengatakan, kegiatan gelar seni budaya tersebut, sebagai upaya mengingatkan masyarakat bahwa pada 17 April 2019 mendatang akan digelar Pemilu serentak.

“Pagelaran seni dan budaya merupakan upaya meningkatkan partisipasi masyarakat terutama pemilih pemula dalam Pemilu 2019,” kata Marianus.

Menurut Marianus, kegiatan ini melibatkan masyarakat dari berbagai unsur baik partai politik, organisasi pemuda, komunitas, LSM, serta siswa SMA dan SMK yang merupakan pemilih pemula, untuk mengetahui tahapan pemilu.

“Dari pemilu ke pemilu sejak tahun pemilu 2009 hingga 2017, tingkat partisipasi pemilih di Kota Kupang hanya sekitar 60 sampai 70 persen. Kota Kupang belum bisa mencapai target secara nasional yaitu 75 persen,” ungkapnya.

Dia menyebutkan, sesuai data pemilih saat pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Kupang 2017, pemilih sebanyak 235.625 orang, namun yang memilih hanya sebesar 70 persen atau sejumlah 164.938 orang.

“Data tersebut menunjukkan minimnya tingkat partisipasi pemilih di tiap pegelaran pemilu, atau sebanyak sekitar 30 persen tidak menggunakan hak pilihnya,” sebut Marianus.

Dia menyatakan, banyak pihak beranggapan atau menilai bahwa KPU belum maksimal dalam melakukan sosialisasi atau penyadaran melalui pendidikan pemilu. Namun, sesungguhnya berbagai sosialisasi telah dilakukan.

“Pada Mei 2017 lalu, saat Pilkada Kota Kupang, berbagai sosialisasi dilakukan yang dimulai dengan launching pemilu. Bahkan secara nasional, KPU juga melakukan gerak jalan sadar pemilu, dengan tujuan mengingatkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pemilu,” ujarnya.

Sosialisasi menyongsong satu tahun penyelengaraan Pemilu 2019 dipusatkan di kawasan Gong Perdamaian, Taman Nostalgia berupa agelaran seni dan budaya, menampikan sejumlah tarian daerah NTT, stand up komedi pemilu, monolog pemilu sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat yang diselingi door prize dengan berbagai hadiah menarik.