Ada 67 Warga Kota Kupang Teridentifikasi Positif Kusta

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota mencatat sudah ada 10 kasus positif penyakit kusta yang terjadi di Kota Kupang selama tahun 2017. Sehingga secara keseluruhan jumlah penderita kusta di Kota Kupang sudah berjumlah 67 orang.

Kepala bidang pencegahan, Pengendalian dan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kota Kupang, Sri Wahyuningsi kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (19/4/2018), mengatakan jumlah penderita kusta di Kota Kupang dalam tiga tahun belakangan ini cenderung naik turun. Pada tahun 2015, jumlahnya yang positif 3 kasus dan di tahun 2016 menurun jadi satu kasus, sedangkan di tahun 2017 alami peningkat menjadi 6. Sehingga total keseluruhan pada tiga tahun terakhir menjadi 10 kasus.

“10 kasus ini sesuai hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh Puskesmas yang ada di Kota Kupang terhadap warga. Lanjutnya, Dalam pemeriksaan selain ditemukan yang positif, ditemukan juga suspek (gejala) sebanyak 21 pasien.

Menurut Sri, penyakit kusta bukan penyakit keturunan. Tapi penyakit yang secara medis disebabkan bakteri mycobaterium lepra yang menyerang saraf tepi kulit dan organ tubuh.

“Upaya penanganan akan kasus Kusta ini, Dinas Kesehatan terus melakukan berbagai kegiatan diantaranya monitoring dan evaluasi program P2 Kusta di Puskesmas se Kota Kupang, Penyuluhan Kusta dimasyarakat, sekolah, pasien dan keluarga pasien,” jelasnya.

Selain itu, tambah Sri Dinas Kesehatan juga melakukan kegiatan pelatihan Kusta bagi pengelolah program Kusta di 11 Puskesmas, Klinik, dan satu RS di Kota Kupang. Dan melakukan pemeriksaan kontak serumah dan lingkungan, pencatatan dan pelaporan program, monitoring dan evaluasi program, penyediaan logistik, register kohort pasien, pelaporan dan pertanggungjawaban program, penemuan pasien secara pasif melalui pelayanan di UPK dan secara pasif yakni dilakukan survei kontak serumah dan Rapid Village Survei (RVS).