Peduli Lingkungan, Kodim 1601 Sumba Timur Tanam Mangrove

Laporan Mohammad Habibudin
Waingapu, NTTOnlinenow.com – Karya Bhakti Tentara Nasional Indonesia (TNI) khususnya Komandan Distrik Militer (Kodim) 1601 Kabupaten Sumba Timur peduli melaksanakan penanaman mangrove di pantai Padadita, Kelurahan Prailiu, Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kegiatan tanam mangrove dilaksanakan atas kerjasama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumba Timur, anggota Pos Angkatan Laut (AL), anggota FKKPI, Ormas dan masyarakat setempat yang dipimpin Pasiter Kodim 1601 Sumba Timur Kapten Inf. Samiun sejumlah 200 orang.

“Tujuan menanam mangrove disepanjang pantai Padadita untuk melestarikan alam kita agar tidak abrasi dan memotivasi masyarakat agar peduli terhadap pelestarian lingkungan,”kata Kapten Inf Samiun ketika dikonfirmasi Jumat (13/4/2018).

Menurutnya, jenis tanaman mangrove yang ditanam sebanyak 650 pohon untuk menghutankan kembali pantai-pantai yang gundul agar dapat tumbuh kembali pohon mangrove dengan tempat yang berbeda.

“Kalau untuk pelestarian hutan dipesisir pantai kami siap berpartisipasi menyumbang tenaga dan bibit jika disiapkan untuk menanam sepanjang pantai yang masih kosong,”ungkapnya.

Lanjut Kapten Samiun, adapun kegiatan penanaman mangrove di pesisir pantai Padadita sekaligus mengatasi semakin menipisnya sumber pohon mangrove disepanjang pantai akibat penebangan oleh warga yang tak bertanggung jawab.

“Jadi hari ini mari kita bersama-sama menghidupkan kembali semangat gotong royong untuk menghijaukan pantai kita agar tidak abrasi,”pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*