Peringati Hari TB Sedunia, Dinkes Kota Gelar Aksi Ketuk Pintu Obati TBC

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Dalam rangka memperingati Hari TBC Sedunia 2018, Dinas Kesehatan Kota Kupang, Selasa (10/4/2018) melakukan aksi ketuk pintu dari rumah ke rumah untuk mendeteksi penderita TBC agar bisa mendapat penanganan secara intensif. Maksud dari kegiatan ini untuk mendukung program Kementerian Kesehatan RI yang mencanangkan tahun 2020 Indonesia terbebas dari TBC.

Aksi ketuk pintu untuk mengibati TBC dilluncurkan Wakil Walikota, Hermanus Man di Puskesmas Manutapen, yang ditandai dengan kunjungan perdana ke salah satu rumah warga.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang dr. Ary Wijana dalam sambutannya mengatakan, untuk memperingati Hari TBC se dunia Dinkes Kota Kupang akan melakukan aksi ketuk pintu ke rumah warga untuk mendata dan mendektesi warga terserang TBC.

“Dalam aksi ketuk pintu ini kami akan melibatkan semua masyarakat, para tenaga kesehatan di 11 Puskesmas,” ujarnya.

Ia mengaku penyakit TBC merupakan salah satu penyakit menular yang mematikan, sehingga butuh penanganan yang serius, apalagi penderita penyakit TBC di Kota Kupang cukup banyak sesuai data yang ada pada dinkes.

“Kami berharap aksi ini bisa meminimalisir penderita TBC di Kota Kupang,” kata Ary.

Wakil Walikota Kupang, Hermanus Man dalam sambutannya memuji langkah dari dinkes dan puskesmas untuk aksi ketuk pintu rumah warga dalam rangka mendeteksi penyakit TBC. Menurutnya TBC merupakan penyakit berbahaya yang penularannya sangat mudah, sehingga butuh penanganan yang serius dari dinkes, baik itu untuk pengobatan maupun pencegahannya.

Apalagi untuk penyakit TBC pengobatannya gratis sehingga butuh sosialisasi dari rumah ke rumah agar warga penderita TBC bisa ditangani lebih dini sebelum masuk dalam fase kronis.