Warga Kakuluk Mesak Dapat Pengobatan Gratis Dari Satgas Yonif 743/PSY

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif 743/PSY menggelar kegiatan bakti sosial (baksos) di lapangan Kantor Camat Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan Indonesia dan Timor Leste, Sabtu, (7/4/2018).

Kegiatan baksos peduli warga perbatasan perdana di wilayah pantai utara Atapupu itu, Satgas Yonif 743/PSY memberikan pelayanan kesehatan secara gratis kepada warga kurang di wilayah tersebut.

Pantaua media, sebanyak 1.000 warga kurang mampu baik orang dewasa maupun anak-anak dari tiga Desa yakni, Desa Fatuketi, Leosama dan Dualaus Kacamatan Kakuluk Mesak mendapat pelayanan tersebut.

Dansatgas Yonif 743/PSY, Mayor (Inf) Putu Tangkas mengatakan, kesehatan merupakan suatu kebutuhan pokok manusia dimana tubuh sehat maka segala aktifitas sehari-hari akan dapat terlaksana seperti kegiatan bekerja dan lain-lain. “Rangkaian kegiatan ini kami ambil moment ulang tahun Batalyon kami tanggal 23 Maret lalu,” tutur dia dalam sambutan.

Dikatakan, Yonif 743/PSY yang sedang melaksanakan pengamanan perbatasan RI-RDTL mempunyai kewajiban untuk meningkatkan taraf kesehatan di daerah perbatasan. “Selain itu juga kegiatan ini merupakan suatu wadah silaturahmi kami kepada masyarakat perbatasan,” ucap Teguh.

Selain tim medis Satgas, kegiatan baksos ini melibatkan tenaga medis Puskesmas Ainiba dan Atapupu untuk berikan pelayanan kesehatan meliputi pemeriksaan, pengobatan, sunatan massal kepada masyarakat.

“Hal ini tidak lain merupakan wujud kepedulian Satgas Yonif 743/PSY dan Kepolisian Belu terhadap pemberdayaan wilayah perbatasan,” urai Teguh.

Diharapkan, dengan adanya kegiatan ini dapat membantu permasalahan sosial dan kesehatan masyarakat Kakuluk Mesak agar terciptanya kondisi masyarakat yang lebih baik dari segi kemanusiaan juga kesehatan serta membantu pemerintah setempat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Pesan saya tenaga medis menjalankan tugas melayani dengan hati. Komunikasi dua arah agar apa yang dikeluhkan pasuen daat dipahami tenaga medis sehingga pasien mendapatkan penanganan yang maksimal dan tentunya bisa sembuh,” pinta Teguh.

Camat Kakuluk Mesak Tarsi Naisali mengatakan, ini satu hal yang sangat luar biasa dilakulan Satgas yang begitu besar memperhatikan melihat hal-hal dasar khususnya kesehatan.

“Ini satu hal yang baru dilakukan Satgas di Kecamatan ini dan ini satu kerinduan yang dinantikan warga. Karena itu kami menyampaikan penghargaan dan terimakasih kepada Dansatgas beserta jajarannya,” ujar dia.

Lanjut Tarsi, ini bukti kepedulian Satgas TNI Yonif 743/PSY terhadap warga dalam bidang kesehatan. Kegiatan baksos hari ini terdiri dari beberapa bagian, sangat diharapkan warga proaktif dan mendukung seluruh kegiatan posotif ini.

Senada, tokoh agama Romo Yoris Giri, Pr mengatakan kegiatan ini merupakan wujud atau bentuk tanda ucapan syukur HUT Satgas Yonif 743/PSY dan kepedulian terhadap warga perbatasan.

“Hati yang merdeka ditandai dengan hidup yang sehat. Ciptakan generasi bangsa yang sehat. Kedepan Camat dan Desa harus melihat masyarakat selalu dalam keadaan sehat tentunya memberikan perhatian kesehatan,” harap Romo Yoris.

Turut hadir dalam baksos itu, Dandim 1605/Belu, Wakil Ketua DPRD Belu, Wakapolres Belu, Dansub POM Atambua, Wadanki Belu, para pengusaha serta tamu undangan lainnya.