Kemensos Serahkan Sejumlah Bantuan Bagi Warga Perbatasan Belu

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Warga Dusun Kaen, Desa Maudemu, Kecamatan Lamaknen, Kabupaten Belu mendapat sejumlah bantun langsung dalam kunjungan Menteri Sosial Idrus Marham ke wilayah Timor Barat perbatasan Indonesia dan RDTL, Kamis (5/4/2018).

Bantuan kerja sama Kemensos dan mitra kerja diserahkan secara simbolis oleh perwakilan Pejabat kepada perwakilan warga penderita cacat serta kurang mampu.

Adapun jenis bantuan yang diserahkan antara lain, penyerahan bantuan dari Bupati Belu berupa, hewan Rusa, bibit Cendana, Ampupu, Kopi, Akasia, Sengon, cadangan beras, bibit kacang hijau, kacang merah, pewarna alami dan sutera.

Selanjutnya penyerahan bantuan Fasilitas Pendidikan dari Bank BRI melalui dana CSR kepada Bupati Belu sejumlah Rp. 909.000.000. Bantuan sosial Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (PKH).

Bagi anak-anak sekolah diserahkan beasiswa anak berprestasi KPM PKH sebanyak 10 Orang, masing-masing Rp.250.000 dari Hypermart anggota Aprindo dan Rp.250.000 dari BRI.

Selain itu penyerahan alat bantu tangan/kaki palsu. Bantuan pemenuhan kebutuhan dasar bagi Lembaga Kesejahteraan Sosial. Bantuan 200 kacamata dan suplemen untuk lansia dan bantuan Pemberdayaan Kearifan Lokal kepada Sanggar Tari, Lolok Desa Dirun.

Selain itu bantuan 75 paket rumah bagi warga Komunitas Adat Terpencil (KAT) di Desa Maudemu dari Penggalangan dana masyarakat melalui MNC Peduli. Bantuan Hunian tetap bagi KAT desa Maudemu sebanyak 75 paket Rp. 3.000.000 jumlah Rp. 225.000.000 dari dana Hibah langsung dalam Negeri.

Bantuan alat permainan edukatif untuk PAUD KAT Desa Maudemu dari Yayasan Satu Untuk Negeri TVOne. Semantara itu pembagunan 5 unit bantuan MCK dari Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih SCTV Indosiar untuk Desa Dirun.

Dalam kunjungan kerja Mensos Idrus dilakukan juga pengobatan massal bagi 500 orang dari Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih SCTV Indosiar dan pemeriksaan awal Katarak untuk warga Belu dari MNC Peduli.

Juga penyerahan bantuan sembako sebanyak 1000 paket dari penyelenggaraan undian gratis berhadiah Kemensos untuk masyarakat Desa Maudemu dan Desa Dirun.

Politisi Partai Golkar itu juga lakukan peletakan batu pertama pembangunan 1 unit balai sosial serta gapura senilai Rp. 100.0000.000 bantuan MNC Peduli dan rumah ibadah/kapela bantuan Pemberdayaan Keserasian Sosial senilai Rp.150.0000.000 untuk warga Komunitas Adat Terpencil (KAT) di Desa Maudemu.

Turut hadir dalam kunker Mensos Idrus ke perbatasan Belu, Wakil Bupati Belu, Ketua Komisi VIII DPR, Sejumlah Pejabat Eselon I Kementerian Sosial, Asisten Setda Propinsi NTT, Pimpinan Forkopimda, OPD Belu serta undangan lainnya.